Wagub NTB Sambut Baik Ideal Universal Travel Malaysia

Wagub NTB, H Muh Amin saat menerima kunjungan Chairman (Pimpinan) Ideal Universal Travel, Aidil Fadzli, di kantor gubernur NTB, Senin (27/4).
Wagub NTB, H Muh Amin saat menerima kunjungan Chairman (Pimpinan) Ideal Universal Travel, Aidil Fadzli, di kantor gubernur NTB, Senin (27/4).
Wagub NTB, H Muh Amin didampingi Kadis Budpar NTB, HL Mohammad Faozal saat menerima kunjungan Chairman (Pimpinan) Ideal Universal Travel, Aidil Fadzli, di kantor gubernur NTB, Senin (27/4).

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi dan menyambut baik keinginan Ideal Universal Travel yang akan membantu mempromosikan pariwisata NTB, khususnya Lombok.

Apresiasi dan sambutan baik ini disampaikan Wagub NTB, H Muh Amin saat menerima kunjungan Chairman (Pimpinan) Ideal Universal Travel, Aidil Fadzli, di kantor gubernur NTB, Senin (27/4).

Wagub NTB, H Muh Amin mengatakan, Pemerintah Provinsi NTB sangat fokus terhadap pengembangan industri pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan daerah.

‘’Kita menyambut baik kedatangan travel agent Malaysia ke Lombok. Apalagi, kita juga memiliki daerah wisata yang masih asli dan belum tersentuh oleh industri ini,’’ kata Wagub NTB, H Muh Amin didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, HL Mohammad Faozal.

Pada saat itu, orang nomor dua di NTB itu juga memaparkan, destinasi pariwisata NTB sangat indah dan beragam. Selain Lombok, NTB juga miemiliki Pulau Sumbawa yang destinasi wisatanya juga tak kalah menarik dibanding Lombok. Selain wisata alam, NTB juga memiliki wisata budaya yang sangat unik.

Salah satunya seperti budaya ‘’Merariq’’ atau kawin lari dengan melarikan anak gadis. Budaya Merariq ini, ternyata juga sempat diminta kejelasannya oleh Aidil Fadzli. Ia mengaku, sangat ingin tahu budaya ini. Ia khawatir, jika ia tidak memahami, maka nantinya bisa berdampak negatif terhadap promosi wisata dan paket perjalanan Malaysia-Lombok yang sedang dikembangkan pihaknya.

Wagub menjelaskan, budaya ‘’Merariq’’ atau kawin lari adalah salah satu budaya unik masyarakat asli Suku Sasak yang tinggal di Pulau Lombok. Budaya ini menjadi syarat ketika seorang pemuda dari Suku Sasak ingin menikahi seorang gadis yang juga satu sukunya.

‘’Jadi, jangan ragu datang ke Lombok. Kawin lari ini hanya berlaku untuk masyarakat asli. Dan budaya ini malah perlu dilestarikan,’’ ungkapnya.

NTB dan Bali, lanjut wagub, adalah pintu gerbang utama pariwisata di Indonesia. Karenanya, pemerintah daerah terus berupaya melakukan percepatan pembangunan guna mendukung konektivitas dan pengembangan industri di sektor pariwisata. Salah satunya seperti pembukaan rute penerbangan langsung Malaysia-Lombok melalui Maskapai Penerbangan Air Asia.

Sementara itu, Chairman Ideal Universal Travel, Aidil Fadzli mengatakan, kedatangannya ke Lombok, NTB adalah untuk membangun kerjasama pariwisata dengan membuka paket promosi wisata Malaysia-Lombok.

Aidil Fadzli menjelaskan, Ideal Universal Travel adalah sebuah perusahaan agen travel perjalanan wisata berkonsep syariah yang berkantor di Kuala Lumpur, Malaysia. Ideal Universal Travel sepenuhnya akan membantu mempromosikan potensi pariwisata Lombok, NTB, dengan membuka paket wisata Malaysia-Lombok.

Menurut Fadzli, warga negara Malaysia banyak yang suka berwisata seperti berkunjung ke Bali. Namun, karena Bali mayoritas penduduknya beragama Hindu, maka wisatawan Malaysia yang notabene adalah muslim seringkali terkendala, khususnya ketika mereka harus mencari makanan di lokasi wisata yang makanan itu benar-benar diyakini kehalalan-nya.

Sedangkan di Lombok, ujar Fadzli, adalah daerah dengan tempat-tempat wisata yang sangat indah sekaligus mayoritas penduduknya adalah muslim. ‘’Ini memiliki nilai plus tersendiri,’’ katanya.(ar/dra/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published.