DPRD Lotim Bukan Tempat Hakimi Bupati

2 minutes reading
Tuesday, 28 Apr 2015 15:04 0 517 Editor

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur bukan dijadikan sebagai tempat untuk menghakimi Bupati Lotim, HM Ali BD maupun Wakil Bupati Lotim, H Khaerul Warisin.

Tapi, lembaga legislatif itu hanya sebagai fasilisator dan mediasi berbagai permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

Hal itu terkait adanya tuntutan dari Forum Solidaritas Masyarakat Lotim Menggugat, yang menginginkan pembentukan hak angket oleh DPRD Lotim untuk melengserkan Bupati Lotim, HM Ali BD. Mengingat dalam membentuk hak angket itu, ada proses dan mekanisme yang harus dijalankan.

‘’Saya tegaskan bahwa dewan itu bukan sebagai tempat untuk menghakimi kepala daerah maupun SKPD, melainkan tempat untuk mencari solusi penyelesaian masalah yang ada,’’ kata Ketua DPRD Lotim, H Khaerul Rizal kepada wartawan di kantornya, Selasa (28/4).

Rizal menegaskan, bila Forum Solidaritas Masyarakat Lotim Menggugat ingin menghakimi kepala daerah, maka hendaknya langsung datang ke orang yang bersangkutan langsung. Bukan malah lembaga legislatif ini yang dijadikan sebagai tempat untuk menghakimi kepala daerah terhadap kesalahan atas kebijakan yang dikeluarkannya.

Karena, menurut Rizal, ini sudah menyalahi aturan. Mengingat lembaga legislatif ini merupakan tempat untuk menampung aspirasi masyarakat Lotim untuk kemudian dibahas guna mencari solusi penyelesaian dari masalah tersebut.

Begitu juga mengenai keinginan Forum Solidaritas Masyarakat Lotim Menggugat yang menginginkan pembentukan hak angket, karena dalam membentuk hak angket itu harus terlebih dahulu melalui hasil kerja pansus.

Pada prinsipnya, kata politisi Partai Demokrat ini, pihaknya tetap akan menampung semua aspirasi masyarakat untuk kemudian bersama-sama membedah terhadap masalah yang disampaikan itu. Tentu dengan melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, dengan sama-sama memberikan data yang kongkrit atas masalah tersebut. ‘’Dalam membentuk hak angket itu, juga ada penyelidikan yang kita lakukan,’’ ungkapnya.(SR)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA