Khidmat, Apel Peringatan Hardiknas 2015 di Loteng

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2015 di Lombok Tengah, yang dipusatkan di lapangan umum Kopang, Sabtu (02/5), berlangsung khidmat.

Upacara bendera Hardiknas itu, diikuti oleh ratusan siswa SD, SMP dan SMA/sederajat, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Loteng, HL Normal Suzana, Ketua DPRD Loteng, H Ahmad Fuaadi, semua kepala SKPM Loteng, dan para guru. Adapun yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Loteng, HM Suhaili FT.

Bupati Loteng, HM Suhaili FT dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan.

Dikatakan bahwa, tema yang diusung dalam peringatan Hardiknas 2015 ini yakni, ‘’Pendidikan dan Kebudayaana sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila’’. Tema ini dimaksudkan agar muncul gerakan untuk membangun generasi yang berkarakter Pancasila. Mengingat generasi Pancasila itu adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran akan pentingnya Pancasila.

‘’Karakter Pancasila bisa membentuk satu generaasi komplit yang tak hanya mempunyai jiwa kepemimpinan, tapi juga insan beriman,’’ katanya.

Karena itu, ia berharap Hardiknas ini dijadikan momentum untuk mengenang dan merefleksikan apa yang digagas oleh tokoh Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara, pendiri perguruan taman siswa yakni Lembaga Pendidikan yang dibuka pribumi atau rakyat, supaya mereka bisa memperoleh pendidikan yang lebih baik.

‘’Ki Hajar Dewantara telah berhasil menyulap suasana nyaman dan menyenangkan untuk belajar. Sehingga, tiga komponen yang bersinergi yakni guru, murid, dan orangtua itu, bisa membentuk kualitas sumber daya murid yang labih baik lagi,’’ ungkapnya.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.