DPRD Lotim Sesalkan Pengunduran Diri Kadis Dukcapil

2 minutes reading
Wednesday, 6 May 2015 14:05 0 513 Editor

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Ketua DPRD Lombok Timur, HM Khairul Rijal menyesalkan kasus pengunduran diri H Tahmid Arsy menjadi Kadis Dukcapil Lotim. Karena menurutnya, Tahmid belum tiga bulan diberikan amanah sebagai kadis, tapi yang bersangkutan sudah mengundurkan diri.

‘’Ini menunjukkan ada yang salah dalam penataan birokrasi di Pemkab Lotim,’’ kata Khairul Rijal kepada wartawan di kantornya, Rabu (06/5).

Khaerul Rijal mengatakan, perekrutan atau penempatan seorang pejabat struktural eselon II, III dan IV, mestinya Bupati Lotim, HM Ali Bin Dachlan menggunakan system promosi terbuka, dengan cara proses seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.

‘’Untuk seleksi administrasi, dilakukan oleh BKD. Sedangkan seleksi kompetensi dengan melibatkan perguruan tinggi seperti Universitas Mataram (Unram) atau Universitas Gajah Mada (UGM),’’ ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya pun harus dilakukan secara obyektiv, adil dan transparan, sehingga mendapatkan pejabat yang professional, berkinerja tinggi, memiliki kompetensi yang baik agar mampu meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

‘’Permasalahan ini, pimpinan bertanggungjawab dalam melakukan pembinaan terhadap seluruh pegawai untuk meningkatkan kompetensinya secara berkala atau bertahap,’’ ujarnya.

Sedangkan berkaitan dengan kasus pemecatan tenaga honorer, Rijal juga menyesalkan. Mestinya, menurut Rijal, sebelum dilakukan pemecatan, perlu dilakukan pertimbangan secara matang, agar tidak berpolemik.

Terkecuali bila yang dipecat ini telah berkali-kali diberikan teguran, namun tidak diindahkan. Kalau masalah mutasi, itu hal yang wajar dalam sebuah organisasi.

‘’Jika pimpinan menganggap pejabat eselon di instansi tersebut tidak mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan bertanggungjawab, maka sah-saha saja seorang pimpinan melakukan mutase,’’ pungkasnya.(DIM)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA