Beli Damkar, BPBD Anggarkan Rp3,9 M

Sekretaris BPBD Lotim, Cucu Mansur. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
Sekretaris BPBD Lotim, Cucu Mansur. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
Sekretaris BPBD Lotim, Cucu Mansur. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Masih minimnya jumlah kendaraan pemadam kebakaran (damkar) yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur, maka tahun 2015 ini pihak BPBD Lotim menganggarkan sebesar Rp3,9 miliar dari dana APBD Lotim untuk pembelian dua unit mobil pemadam kebakaran.

‘’Jumlah Damkar yang kita miliki sekarang ini memang masih minim, yakni hanya lima unit. Itupun satu unit mengalami rusak berat. Tentu tidak mampu menjangkau luas wilayah Lombok Timur,’’ kata Sekretaris BPBD Lotim, Cucu Mansur kepada wartawan di kantornya, Kamis (14/5).

Sehingga tahun ini, menurut Cucu, Pemkab Lotim melalui BPBD Lotim menganggarkan untuk pembelian tambahan dua unit Damkar. ‘’Pagu dana untuk satu unit Damkar dianggarkan sebesar Rp1,9 miliar. Dan untuk prosesnya masih dalam tahap perencanaan,’’ ungkapnya.

Cucu mengatakan, kebutuhan Damkar sebenarnya masing-masing kecamatan harus ada, bila mengikuti aturan. Karena standar mobil Damkar dalam memberikan pelayanan, satu unit Damkar akan melayani sebanyak 30 ribu jiwa. Sementara jumlah penduduk Lotim sudah mencapai 1,3 juta jiwa.

‘’Kalau jumlah Damkar lengkap, maka setiap ada kejadian, begitu mendapat informasi, pasukan Damkar ini minimal 15 menit mereka harus sudah di lokasi kejadian. Terkecuali kalau lokasi kejadian cukup jauh,’’ ujarnya.

Yang menjadi kendala pasukan Damkar dalam menjalankan tugas selama ini, yaitu jarak tempuh yang jauh. Meski fasilitas Damkar yang dimiliki minim, namun pihaknya tetap berusaha semampunya memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kejadian, khususnya bila terjadi kebakaran. ‘’Kalau mengenai jumlah pasukan Damkar, hingga saat ini masih terbilang cukup,’’ pungkasnya.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.