Mangkrak Pembangunan Puskesmas Masbagik

Kabid Pelayanan Kesehatan Dikes Lotim, Suprayatno. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)
Kabid Pelayanan Kesehatan Dikes Lotim, Suprayatno. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)
Kabid Pelayanan Kesehatan Dikes Lotim, Suprayatno. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pembangunan Puskesmas Masbagik berlantai dua yang berlokasi di jalan lingkar Masbagik jurusan Pasar Hewan, diduga mangkrak. Hal ini terlihat dari aktivitas pembangunan yang menjadi leading sector Dinas Kesehatan Lombok Timur itu yang hampir sudah beberapa bulan tidak ada.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Lotim, Suprayatno saat dikonfirmasi wartawan membantah bila pembangunan Puskesmas Masbagik itu mangkrak. Melainkan proses pembangunan tahap kedua yang sudah habis.

Selaku PPK dalam proyek pembangunan Puskesmas Masbagik itu, pihaknya kini masih menunggu anggaran untuk menuntaskan pembangunan Puskesmas yang masih tersisa. Dengan demikian, keberadaan Puskesmas yang dibangun ini, bisa dimanfaatkan secepatnya oleh masyarakat.

‘’Insya Allah kalau tidak ada halangan, gedung Puskesmas Masbagik akan bisa digunakan pada tahun 2016 mendatang. Dalam membangun itu, memang ada proses yang harus dilakukan agar tidak salah,’’ ungkapnya.

Yatno, begitu Suprayatno biasa disapa menjelaskan, yang harus diselesaikan dalam pembangunan Puskesmas Masbagik adalah tahap finishing dengan melakukan penataan lingkungan. Tapi, RAB-nya belum ada.

Pembangunan Puskesmas Masbagik itu, lanjutnya, untuk tahap pertama dilakukan pada masa pemerintahan bupati dan wakil bupati periode sebelumnya, yakni pada tahun 2012 lalu. Kemudian dilanjutkan untuk tahap kedua tahun 2014 lalu.

Keberadaan Puskesmas Masbagik yang ada saat ini, kedepannya akan tetap digunakan sebagai tempat pemeriksaan rawat jalan maupun yang lainnya. Sedangkan Puskesmas gedung baru, akan dijadikan sebagai tempat rawat inap pasien.

‘’Memang kalau dilihat lokasi Puskesmas yang ada saat ini, sangat strategis. Tapi, lambat laun akan terpengaruh dengan keadaan yang ada, seiring dengan adanya perluasan. Pembangunan Puskesmas yang sekarang ini, merupakan keputusan dan persetujuan dari para kades dan tokoh di wilayah Masbagik,’’ ujarnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.