Kanit Dikpora Keruak Keluhkan Kondisi SMPN 4

    Kanit Dikpora Kecamatan Keruak, Lalu Nurakse. (Foto: L M Kamil/Lomboktoday.co.id)
Kanit Dikpora Kecamatan Keruak, Lalu Nurakse. (Foto: L M Kamil/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Kepala Unit (Kanit) Dikpora Kecamatan Keruak, Lalu Nurakse sangat menyesali sikap kepala SMPN 4 Keruak di Tanjung Luar yang ditengarai jarang berada di sekolah. Selain sikap kasek, ditambah lagi dengan kondisi sekolah itu yang carut-marut, juga membuat Kanit menarik napas panjang.

‘’Berkali-kali saya coba menyambangi SMPN 4 Keruak, namun belum pernah saya jumpai kepalanya berada di sekolah. Saya coba hubungi via phonselnya, malah si kasek menjawab ada urusan ke luar daerah,’’ kata Kanit Dikpora Kecamatan Keruak, Lalu Nurakse kepada Lomboktoday.co.id di Keruak, Lotim, Sabtu (23/5).

Nurakse mengatakan, kondisi di sekolah itu sangat memperihatinkan, baik situasi personelnya yang seperti ‘’anak ayam kehilangan induk’’, juga kondisi sarana dan prasarananya seperti meubelair di ruang kantor hampir tidak ada. ‘’Saya hanya melihat enam buah kursi plastik di ruang kantor,’’ ungkapnya.

Terakhir Kanit menyambangi sekolah itu pada Sabtu (23/5) lalu, dan pada saat itu Kanit ditodong oleh kepala TU SMPN 4 Keruak dimintai sumbangan untuk membeli kursi. ‘’Ya saya ditodong seperti itu, terpaksa koceh pribadi saya keluarkan,’’ tuturnya.

Akibat dari itu lanjut Kanit, sejumlah guru dan staf di sekolah itu kini sedang kebingungan yang belum bisa melaksanakan acara perpisahan kelas III, lantaran kepala sekolah yang tak pernah nampak. ‘’Kami belum menyelenggarakan perpisahan kelas III pak, karena kami bingung mau musyawarah bersama siapa. Kasek kami tak pernah Nampak,’’ ujar beberapa guru seperti disampaikan lalu Nurakse.

Mendengar keluhan seperti itu, Kanit menyarankan agar wakasek dengan guru yang lain bermusyawarah saja tanpa kasek untuk menyelenggarakan perpisahan siswa kelas III. ‘’Silahkan saja wakasek dengan guru lainnya berembug untuk melaksanakan perpisahan, kasihan para siswa belum diacarakan,’’ tukasnya.

Untuk menyikapi situasi di SMPN 4 Keruak ini, Kanit Dikpora Kecamatan Keruak telah melaporkan ke Dinas Dikpora Lotim di Selong dan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). ‘’Kami sudah laporkan ke Dinas Dikpora dan ke Bagian Pembinaan Disiplin Pegawai di kantor BKD Lotim,’’ pungkasnya.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *