PDAM Lotim akan Ganti Pipa Hasbes

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur akan mengganti pipa saluran PDAM yang masih menggunakan pipa hasbes. Hal ini dikarenakan sering mengalami kerusakan dan kebocoran, termasuk juga usianya yang sudah lama terpasang yakni belasan tahun lalu.

‘’Kami memang akan ganti saluran PDAM yang masih menggunakan pipa hasbes,’’ kata Direktur Utama PDAM Lotim, M Isroi kepada wartawan di kantor Wakil Bupati Lotim, Senin (25/5).

Dari data yang ada, kata Isroi, jumlah saluran PDAM yang masih menggunakan pipa hasbes mencapai 11 kilometer, lokasinya berada di wilayah Jurit sampai Masbagik. Dan ini akan diganti menggunakan pipa karet yang kualitas dan mutunya sangat bagus, sehingga penggunaannya nanti bisa bertahan lama.

Pengajuan pergantian ini, tentu ke provinsi melalui program sarana air bersih yang ditangani oleh Pemprov NTB. Pihaknya mengakui kalau dirinya sudah dari dahulu berencana untuk mengganti, tapi karena keterbatasan anggaran, sehingga hal ini menjadi kendala.

‘’Mudah-mudahan Pemprov NTB bisa membantu masalah ini melalui program yang ada. Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan, dengan melakukan perbaikan terhadap sarana dan prasarana yang ada,’’ ungkapnya.

Isroi menjelaskan, terhadap pipa yang ada saat ini, tehnisnya sudah melampui dan rawan terjadi kebocoran. Sehingga seringkali pihaknya memperbaiki jaringan yang rusak tersebut.

Permasalahan sekarang ini, lanjutnya, letak pipa yang bocoran dan rusak itu, berada di tengah jalan hotmik yang setiap detik dan waktu dilewati kendaraan roda dua maupun kendaraan besar.

‘’Konsekuensinya adalah terpaksa kami merusak jalan dimana tempat lokasi pipa yang rusak itu, kalau terjadi gangguan dan kemacetan air untuk pelanggan, lantaran disebabkan rusaknya jaringan, bukan faktor disengaja,’’ ujarnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.