150 Pelanggar Terjaring Operasi Patuh Gatarin 2015

Kasat Lantas Polres Lombok Timur, AKP Sofyan Hadi. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
Kasat Lantas Polres Lombok Timur, AKP Sofyan Hadi. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
Kasat Lantas Polres Lombok Timur, AKP Sofyan Hadi. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Kesadaran masyarakat Lombok Timur dalam berlalu lintas masih rendah, meski berbagai operasi telah digelar jajaran Polres Lombok Timur.

Hal ini terlihat dari hasil Operasi Patuh Gatarin 2015, pada hari pertama, jumlah pelanggar yang berhasil dijaring mencapai 150 pelanggar.

‘’Setiap operasi digelar, selalu berharap jumlah pelanggaran menurun, tapi justeru kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas masih rendah,’’ kata Kasat Lantas Polres Lombok Timur, AKP Sofyan Hadi kepada wartawan di kantornya, Kamis (28/5).

Setiap operasi digelar, menurut Sofyan, pelanggaran masih cukup tinggi. Hari pertama operasi digelar, sudah 150 pelanggar berhasil terjaring. Pelanggaran yang terjaring, didominasi roda dua, yakni para pengendara kebanyakan tidak menggunakan helm pengaman, khususnya yang dibonceng.

Dalam Operasi Patuh Gatarin yang digelar sekarang ini, 60 persen tindakan refreship, 20 persen tindakan prepentif dan 20 persen tindakan prenthif. ‘’Kita butuhkan ada efek jera terhadap para pelanggar. Itu sebabnya, kami mengimbau kepada masyarakat dalam berkendaraan untuk selalu mematuhi tertib lalu lintas,’’ ungkapnya.

Kegiatan Operasi Patuh Gatarin ini juga menurut Sofyan, digelar dalam rangka menciptakan kondisi menyambut bulan Ramadhan, yang aman dan lancar, serta berharap partisifasi masyarakat dalam memacu tertib berlalu lintas. ‘’Patuhi aturan berlalu lintas dengan kelengkapan kendaraan, khususnya penggunaan helm,’’ ujarnya.

Operasi Patuh Gatarin ini juga digelar untuk menekan jumlah angka kecelakaan lalu lintas, termasuk membatasi ruang rawan kecelakaan. Berbagai kegiatan sosialisasi inten dilakukan, baik di sekolah, tempat keramaian, karena Kamtibcar ini salah satu parameter keberhasilan.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.