KPU Launching Pilkada Loteng 2015

LAUNCHING PILKADA: Suasana launching Pilkada Loteng 2015. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
LAUNCHING PILKADA: Suasana launching Pilkada Loteng 2015. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
LAUNCHING PILKADA: Suasana launching Pilkada Loteng 2015. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah menggelar launching Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati Loteng tahun 2015 yang dirangkaikan dengan kegiatan penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) di Hotel Aerotel Praya, Loteng, Rabu malam (malam Kamis, 03/6), sekitar pukul 20.00 Wita.

Kegiatan launching Pilkada Loteng tahun 2015 tersebut, ditandai dengan pemukulan Gendang Beleq oleh Wakil Bupati Loteng, HL Normal Suzana, dengan didampingi Ketua KPU Loteng, Ary Wahyudi, Divisi Hukum KPU NTB, Yanmarli, Wakil Ketua I DPRD Loteng, HM Nasib.

Ketua KPU Loteng, Ary Wahyudi dalam sambutan mengatakan, kegiatan launching Pilkada Loteng ini, sebagai salah satu kegiatan sosialisai. Karena, sosialisasi merupakan bagian terpenting dari pelaksanaan Pilkada. Dimana, ada dua kegiatan KPU yang mesti disosialisasikan oleh KPU, yakni kegiatan persiapan dan pelaksanaan Pilkada.

‘’Kegiatan persiapan sudah dilaksanakan sejak 18 April hingga 18 Mei lalu. Begitu juga dengan pengangkatan Panitia Badan Adhock PPK dan PPS, serta penganggaran yang prosesnya sudah mencapai pada penandatanganan dokumen NPH. Dan hari ini juga telah berlangsung Bintek untuk verifikasi dukuangan calon perseorangan, karena hasil verifikasi calon perseorangn harus sudah diterima tanggal 23 Juni,’’ katanya.

Tanggal 3 Juni ini, lanjutnya, merupakan momentum yang terpenting dalam kegiatan Pilkada. Dimana, DP4 telah diserahkan oleh Mendagri ke KPU pusat yang kemudian diserahkan ke KPU provinsi lalu diserahkan ke KPU kabupaten. ‘’Penyerahan DP4 sudah dilakukan dengan cara pengunduhan dan bisa mengetahuinya sekarang juga,’’ ungkapnya.

Adapun pelaksanaan pendaftaran, akan berlangsung pada 26, 27 dan 28 Juli. Kemudian kampanye akan berlangsung dari tanggal 27 Agustus sampai 5 Desember 2015 mendatang. ‘’Bila tidak ada Perselisihan Hasil Pemilu (PHP, Red), maka penetapan bupati dan wakil bupati Loteng terpilih bisa dilakukan pada bulan Desember 2015 mendatang. Tapi bila ada PHP, maka penetapan akan dilakukan pada bulan Maret 2016 mendatang,’’ ujarnya.

Karena itu, pihaknya berharap pelaksanaan Pilkada tahun 2015 ini bisa berjalan damai dan sukses. Pihaknya juga sebagai penyelenggara Pilakada menyatakan siap bekerja secara professional sesuai UU dan sesuai sumpah janji KPU.

‘’Kami menyatakan siap untuk bekerja secara professional sesuai aturan UU. Dan kami juga minta kepada Panwaslu untuk mengawasi kami bekerja selama 24 jam,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Loteng, HL Normal Suzana berharap kepada semua unsur yang ada di Loteng untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Loteng tahun 2015 yang aman, tertib dalam kedamain.

‘’Kegiatan malam ini merupakan salah satu tahapan dari Pilkada. Semoga data yang diberikan ini bisa dimutakhirkan dengan baik menjadi DPT. Kalau ada persoalan, kita harapkan supaya disampaikan secara tertulis. Dan kami dari pemerintah siap untuk mendukung pelaksanakan Pilkada di Loteng,’’ katanya.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.