Polres Lotim Tembak Dua Pelaku Curas

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Tim Buru Sergap dan Unit Inti Sabhara Polres Lombok Timur berhasil melumpuhkan dua pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) dengan ditembak kakinnya di rumah salah seorang pelaku lainnya, Kas, warga Kerumut, Kecamatan Pringgabaya, Lotim, yang masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO), pada Jumat pagi (05/6), sekitar pukul 04.30 Wita. Pelaku ditembak setelah berusaha melawan petugas pada saat akan ditangkap.

Diantara dua pelaku yang berhasil dilumpuhkan oleh timah panas oleh petugas yakni; Hardianto alias Aq Is (30 tagun), warga Dasan Borok, Desa Dasan Borok, Kecamatan Suralaga, dan Aq Kus (45 tahun), warga Dasan Bagik, Desa Bagik Payung, Kecamatan Suralaga.

Kedua pelaku bersama barang bukti hasil curiannya langsung digelandang ke Mapolres Lotim untuk proses hukum dan pengembangan penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Lotim, AKBP Heri Prihanto didampingi Kasat Reskrim Polres Lotim, AKP Kiki Firmansyah saat dikonfirmasi wartawan di kantornya, membenarkan bila anggotanya berhasil menangkap dua pelaku curas dari jumlah keseluruhan delapan orang pelaku di rumah salah seorang pelaku di Kerumut, Kecamatan Pringgabaya.

Dimana, kedua pelaku terlebih dahulu dilumpuhkan oleh timah panas yang bersarang di kaki kanan dan kiri, lantaran berusaha melawan petugas menggunakan parang. Sehingga petugas terpaksa melepaskan tembakan ke arah kaki pelaku setelah sebelumnya memberikan tembakan peringatan.

‘’Jumlah keseluruhan pelaku sebanyak delapan orang, tapi yang berhasil diamankan adalah dua orang dengan terlebih dahulu petugas menyarangkan timah panas di kaki pelaku, sedangkan enam orang lainnya berhasil kabur melarikan diri,’’ kata Heri Prihanto.

Lebih jauh Heri Prihanto menjelaskan, kasus tertangkapnya dua pelaku itu tidak terlepas dari adanya laporan masyarakat mengenai adanya pencurian ternak dan barang elektronik di dua lokasi yakni di Dusun Geres, Kelurahan Geres dan Tirpas, Desa Tirtanadi, Kecamatan Labuhan Haji.

Sehingga petugasnya langsung menindaklanjutinya dan langsung menuju rumah salah seorang pelaku, tempat para pelaku membagikan hasil kejahatannya. Kemudian petugas langsung melakukan penggerebekan setelah mengetahui lokasi persembunyian para pelaku yang berjumlah delapan orang itu.

Begitu melihat petugas datang, para pelaku melakukan perlawanan, sehingga petugas membalas melakukan perlawanan dengan melepeskan tembakan peringatan ke atas. Tapi, pelaku dengan beringasnya menggunakan parang terus melakukan perlawanan.

‘’Kami terpaksa menembak kaki pelaku, tapi yang kena dua orang, sedangkan yang lainnya langsung kabur,’’ ungkapnya.

Lebih jauh orang nomor satu di jajaran Polres Lotim itu menegaskan, setelah para pelaku berhasil dilumpuhkan, kemudian petugas langsung menggeledah rumah pelaku, dan yang berhasil diamankan barang bukti beruapa dua unit TV LCD merk Polytron dan TV LCD merk Samsung 32, enam parang dan tiga senter sorot, dua buah HP, alat cukit dan cadar serta sarung.

Sementara pelaku yang sudah dilumpuhkan dengan timah panas itu, langsung dibawa ke RSUD dr R Soejono Selong, Lotim, untuk mengeluarkan proyektif peluru yang masih bersarang di kakinya. Setelah itu, langsung dibawa ke Mapolres Lotim untuk proses hukum dan pengembangan penyelidikan lebih lanjut.  ‘’Enam pelaku lainnya yang masih kabur, sedang dalam pengejaran petugas,’’ ujarnya.(SR/DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.