Rubah Mindset Anggota, Tak Hanya Tangkap-Tilang

Kapolda NTB, Brigjen Pol Umar Septiono. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
Kapolda NTB, Brigjen Pol Umar Septiono. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
Kapolda NTB, Brigjen Pol Umar Septiono didampingi Kapolres Lotim, AKBP Heri Prihanto . (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Umar Septiono mengatakan, mindset anggota sekarang harus dirubah. Artinya, tidak hanya bisa menangkap pelaku atau melakukan penilangan, tapi bagaimana polisi itu bisa merakyat dan dicintai rakyat.

‘’Jangan justeru menjadi penghianat pada rakyat,’’ kata Kapolda NTB, Brigjen Pol Umar Septiono di hadapan jajaran Polres Lombok Timur pada saat kunjungan kerjanya, Sabtu (04/7).

Kapolda mengaku tidak bangga dan kecewa ketika melakukan kunjungan kerja ke Polres-Polres, dimana dirinya melihat banyak anggota terlihat berjaga-jaga pada saat melintas di jalan raya. Tapi, ketika ada kegiatan masyarakat justeru polisi tidak terihat sama sekali.

‘’Hal seperti itu saya tak suka, dan paradigma seperti ini harus segera dirubah. Karena, saya tidak ingin gara-gara saya lewat, situasi di wilayah yang saya kunjungi tiba-tiba berubah,’’ ungkapnya.

Pelayanan maksimal itu, lanjut Kapolda, justeru harus diberikan kepada masyarakat, bukan kepada Kapolda. Karena, dirinya memahami gaji yang selama ini didapatkan semua berasal dari rakyat.

‘’Mari dalam menjalankan tugas, jangan hanya melihat sisi negatif saja, tapi bagaimana mengambil sisi positif dalam setiap gerakan yang dijalankan,’’ ujarnya.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.