ASDP Kayangan Siapkan 20 Armada

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pihak ASDP Kayangan, Lombok Timur, menyiapkan sebanyak 20 armada untuk menunjang keberlangsungan arus mudik lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah. Pada lebaran tahun sebelumnya, pihak ASDP Kayangan sendiri menyiapkan armada sebanyak 18 unit armada untuk melayani arus mudik dari Pelabuhan Kayangan- Poto Tano Sumbawa, maupun sebaliknya.

‘’Kita sudah siapkan sebanyak 20 unit armada kapal untuk menunjang kegiatan arus mudik maupun balik,’’ kata Manager Operasional PT ASDP Kayangan, M Yasin saat dikonfirmasi Lomboktoday.co.id via ponselnya, Selasa (07/7).

Yasin mengatakan, armada yang disiapkan untuk melayani masyarakat dalam penyeberangan melalui jalur laut, memiliki kondisi yang baik. Dan telah dilakukan pemeriksaan dan layak untuk melayani arus mudik.

Pihaknya memperkirakan lonjakan penumpang arus mudik lebaran akan mencapai puncaknya pada H-3 lebaran dari Pelabuhan Kayangan-Poto Tano. Sedangkan untuk arus balik, akan mencapai puncaknya pada H+6 lebaran Idul Fitri dari Pelabuhan Poto Tano-Kayangan.

‘’Untuk sementara, kondisi di pelabuhan masih tetap normal dan belum ada lonjakan penumpang. Untuk arus mudik tahun ini, diperkirakan mengalami peningkatan mencapai 10 persen dari tahun sebelumnnya,’’ ungkapnya.

Yasin menjelaskan, untuk memberikan kenyamanan terhadap para penumpang yang melakukan arus mudik, ASDP terus melakukan pembenahan terhadap sarana dan prasarana penunjang di pelabuhan. Seperti halnya menyiapkan ruang tunggu sebelum naik kapal. Hal ini penting, agar para pemudik bisa beristirahat karena akan menghadapi perjalanan jauh. Termasuk juga pemeriksaan kesehatan kepada para pemudik sebagaimana telah dilakukan tahun sebelumnnya.

‘’Kami berharap agar para pemudik memanfaatkan fasilitas yang telah disiapkan untuk kelancarannya dalam melakukan mudik lebaran. Biasanya yang mendominasi arus mudik yakni kendaraan roda dua dan roda empat, bis maupun yang lainnya,’’ ujarnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.