Polres-Kejari Rebutan Tangani DAK-BOS Dikpora

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pihak Polres Lombok Timur dan Kejaksaan Negeri Selong saling berebutan untuk menangani kasus dugaan penyelewengan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Lotim.

Adanya kasus dugaan penyelewengan DAK dan BOS di Dinas Dikpora Lotim itu, tentu mengacu pada hasil rekomendasi panitia khusus (Pansus) Pendidikan yang telah dibentuk DPRD Lotim.

Kapolres Lombok Timur, AKBP Heri Prihanto saat dikonfirmasi, tidak menampik bila pihaknya saat ini sedang membidik kasus dugaan penyimpangan DAK dan BOS di Dinas Dikpora Lotim. Itu sebabnya, pihaknya saat ini sedang mengumpulkan data-data yang menguatkan mengenai permsalahan tersebut.

‘’Kasus DAK dan BOS di Dinas Dikpora Lotim sedang kami sidik,’’ kata Kapolres Lotim, AKBP Heri Prihanto kepada wartawan usai menghadiri kegiatan pertemuan lintas tokoh agama dalam menyikapi kasus Tolikara, Papua, di Makodim 1615 Lotim, Kamis (23/7).

Heri mengatakan, pihaknya juga mengetahui kalau pihak kejaksaan juga sedang membidik kasus dugaan penyelewengan DAK dan BOS tersebut. Sehingga pihaknya akan melihat perkembangan di lapangan nanti mengenai masalah penanganan kasus tersebut.

Karena, semua penyimpangan yang terjadi, pasti akan ditindaklanjuti, dengan mengacu pada laporan yang diterima dari masyarakat.

‘’Kalau kasus DAK dan BOS sudah ditangani oleh kejaksaan, tentu kami tidak akan mengambilnya, begitu juga sebaliknya. Mengenai masalah penanganan kasus, tentu tidak boleh double sesuai aturan yang ada,’’ ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Selong, Nur Rohman mengatakan, pihaknya juga sedang membidik kasus dugaan penyelewengan DAK dan BOS di Dinas Dikpora Lotim. ini mengacu pada rekomendasi Pansus Pendidikan DPRD Lotim.

Bahkan pihaknya juga telah memanggil Kadis Dikpora Lotim, Mahsin, untuk dimintai keterangan mengenai masalah ini, termasuk juga mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk proses lebih lanjut.

‘’Kami memang sedang menyidik kasus DAK dan BOS di Dinas Dikpora Lotim, sesuai rekomendasi Pansus Pendidikan DPRD Lotim,’’ katanya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.