Pasangan Suhaili FT-Fathul Bahri Resmi Daftar ke KPU Loteng

DAFTAR KE KPU: Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Loteng, HM Suhaili FT-Fathul Bahri saat mendaftarkan diri ke KPU Loteng. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
DAFTAR KE KPU: Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Loteng, HM Suhaili FT-Fathul Bahri saat mendaftarkan diri ke KPU Loteng. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
DAFTAR KE KPU: Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Loteng, HM Suhaili FT-Fathul Bahri saat mendaftarkan diri ke KPU Loteng. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Komisi Pemilihan Umum Lombok Tengah mulai menerima pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan maju dalam Pilkada Loteng, 9 Desember 2015 mendatang. Pendaftaran balon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada Loteng, mulai dibuka hari ini, Minggu (26/7) sampai Selasa (28/7).

Hari ini, Minggu (26/7), sekitar pukul 10.00 Wita, pasangan balon bupati dan wakil bupati Loteng, HM Suhaili FT-Fathul Bahri yang diusung Partai Gerindra, PKS, Partai Golkar dan PPP, secara resmi mendaftar ke KPU Loteng untuk maju dalam Pilkada Loteng 2015.

Pasangan balon bupati dan wakil bupati Loteng, HM Suhaili FT-Fathul Bahri saat menyerahkan berkas dokumen syarat pendaftaran ke kantor KPU Loteng, diantar oleh ratusan kader dari partai pengusung dan pendukung pasangan calon.

Berkas dokumen tersebut diterima Ketua KPU Loteng, Ary Wahyudi didampingi oleh anggota komisioner KPU Loteng.

‘’Hari ini jadual mulai pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati, walikota/wakil walikota yang dilakukan oleh KPU se-Indonesia. Khusus untuk KPU Loteng, pendaftaran pasangan balon bupati dan wakil bupati Loteng, akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 26 sampai 28 Juli 2015,’’ kata Ketua KPU Loteng, Ary Wahyudi kepada wartawan di kantor KPU Loteng, Minggu (26/7).

Setelah pihaknya menerima berkas dokumen yang diserahkan oleh pasangan balon bupati dan wakil bupati Loteng, HM Suhaili FT-Fathul Bahri, maka pihaknya akan melakukan penelitian administrasi berkas dokumen syarat  pendaftaran yang sudah diserahkan. Sesuai aturan yang ada, apabila gabungan partai politik mengusung pasangan bakal calon, harus memenuhi 20 persen jumlah kursi di DPRD. Dan jumlah anggota DPRD Loteng sebanyak 50 orang, maka jumlah kursi dari partai politik yang akan mengusung pasangan balon tersebut adalah minimal sebanyak 10 kursi.

Untuk partai politik atau gabungan partai politik, lanjut Ary, hanya dapat mengusung satu pasangan balon. Dan pasangan balon yang sudah didaftarkan oleh gabungan partai politik itu, tidak boleh dicalonkan lagi oleh partai politik lainnya. Selain itu, partai politik juga tidak boleh menarik dukungannya setelah melakukan pendaftaran. Begitu juga halnya dengan pasangan balon yang sudah didaftarkan, tidak boleh mengundurkan diri. Sehingga, sama-sama saling mengikat antara partai politik pengusung dengan pasangan balon.

‘’Gabungan partai politik yang mengajukan pasangan balon bupati dan wakil bupati Loteng, HM Suhaili FT-Fathul Bahri adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, dan PPP ini, kami terima pendaftarannya. Dan berkas dokumen yang diserahkan itu sudah memenuhi syarat,’’ ungkapnya.

Dimana, jumlah kursi Partai Gerindra di DPRD Loteng sebanyak enam kursi, PKS sebanyak lima kursi, sehingga jumlah kursi dari partai pengusung untuk pasangan ini sebanyak 11 kursi.

Hingga berita ini diturunkan, baru hanya pasangan balon bupati dan wakil bupati Loteng, HM Suhaili FT-Fathul Bahri yang sudah melakukan pendaftaran ke KPU Loteng. Informasinya, untuk pasangan balon lain akan melakukan pendaftaran pada Senin (27/7) dan Selasa (28/7).(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.