49 Koperasi di Lotim Dibubarkan

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Timur, H Sahabudin. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Timur, H Sahabudin. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Timur, H Sahabudin. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Jumlah koperasi di Kabupaten Lombok Timur cukup banyak yaitu sebanyak 499 buah. Dari jumlah itu, sebanyak 214 diantaranya dinilai masih aktif sampai saat ini. Sisanya 285 sudah tidak aktif.

Terhadap koperasi yang tidak aktif itu, sebanyak 49 unit diantaranya dinyatakan dibubarkan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Koperasi dan UKM Lotim.

‘’Bagi koperasi yang masuk daftar terancam dibubarkan ini, masih diberi kesempatan untuk segera menggelar RAT,’’ kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Timur, H Sahabudin, disela-sela perayaan HUT Koperasi ke-68, di Selong, Lotim, Kamis (06/8).

Kalau sampai batas waktu yang telah ditentukan masih saja tidak menggelar RAT, kata Sahabudin, pihaknya akan segera melayangkan surat pembekuan.

‘’Untuk tahun ini saja, ada 49 unit koperasi yang akan dibekukan. Naskahnya pun sudah disiapkan, tinggal di tandatangani saja oleh pak bupati,’’ ungkapnya.

Bahkan menurut Sahabudin, terhadap koperasi yang dinyatakan tidak aktif itu pun, masih diberikan kesempatan untuk segera menggelar RAT, sambil dilakukan verifikasi sejauhmana tingkat keparahannnya.

‘’Imbauan untuk menggelar RAT, tidak hanya dilakukan terhadap yang tidak aktif semata, tapi yang aktifpun, yang belum RAT, tetap didorong untuk segera menggelar RAT,’’ ujarnya.

Lebih lanjut Sahabudin mengatakan, di era kepemimpinannya selama menjabat sebagai kadis Koperasi dan UKM, dirinya tetap berharap membumikan koperasi di Lotim tetap menjadi harapan. Sehingga pihaknya terus melakukan berbagai sosialisasi dan melakukan penyuluhan ke masyarakat, termasuk melakukan imbauan kepada koperasi yang tidak aktif.

Kalau ingin bertahan dan tidak dibuarkan, maka diminta untuk segera menggelar RAT. ‘’Eksisnya suatu koperasi itu, kalau mereka menggelar RAT,’’ pungkasnya.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.