Gubernur NTB Terima Konjen Jepang

Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi saat menerima Noboru Nomura, Konsulat Jenderal Jepang Denpasar, Bali, di ruang kerjanya.
Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi saat menerima Noboru Nomura, Konsulat Jenderal Jepang Denpasar, Bali, di ruang kerjanya.

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr TGH M Zainul Majdi menerima Noboru Nomura, Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar, Bali, di ruang kerja gubernur, Kamis siang (06/8).

Dalam kesempatan berbincang santai dengan gubernur NTB itu, Noboru yang datang beserta istri dan putrinya menyampaikan bahwa dirinya beserta rombongan dari Tokyo baru saja usai menghadiri peresmian dua unit kelas baru di SDN 3 Bengkel, Lombok Barat, yang dana pembangunannya berasal dari bantuan Pemerintah Jepang.

Menurut Noboru, bantuan pembangunan ruang kelas, bantuan beasiswa pendidikan, hingga pembangunan panti jompo, merupakan beberapa jenis bantuan yang selama ini telah diberikan Pemerintah Jepang kepada masyarakat Indonesia. Bantuan ini menyasar beberapa daerah di tanah air, salah satunya NTB.

Menurutnya, ada berbagai program kerjasama yang bisa dijalin antara Pemprov NTB dengan Jepang. Karena setiap tahunnya, sedikitnya ada dua hingga tiga proyek bantuan dari Tokyo untuk masing-masing daerah di Indonesia. Dengan menawarkan kemudahan persayaratan, dirinya berharap NTB dapat menjadi salah satu provinsi yang rutin mendapat akses bantuan itu.

Dirinya mengambil contoh, untuk beasiswa pendidikan misalnya, pihak Jepang menyediakan bantuan beasiswa yang berjenjang, mulai D1, D3 hingga S3. Namun demikian, ia meyakinkan bagi siapa saja yang ingin menuntut ilmu di Jepang, jangan takut akan kendala bahasa.

‘’Tidak harus pandai berbahasa Jepang. Cukup menguasai bahasa internasional, karena kami sangat fleksibel dalam berbahasa, termasuk di kalangan pendidikan,’’ ungkapnya.

Menyikapi segala bentuk bantuan yang telah diberikan Jepang kepada Indonesia selama ini, khususnya di wilayah NTB, Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang positif, dan berharap kerjasama serta hubungan antara Indonesia-Jepang, dapat terus berjalan baik.

Selama ini, angka kunjungan wisatawan asal Jepang ke NTB terbilang cukup tinggi. Warga Jepang yang bekerja di NTB, seperti misalnya di perusahaan PT Newmont Nusa Tenggara, dan beberapa pegusaha Jepang yang juga menanamkan modalnya di NTB, menunjukkan bahwa hubungan Jepang-NTB sangat baik.

Kata gubernur, banyak program pemerintah NTB yang menitikberatkan pada aspek sosial seperti misalnya program pendampingan kepada ibu hamil hingga 1.000 hari, bahkan hingga program perumahan dan pendidikan yang punya peluang untuk mendapat dukungan dari Jepang.

Untuk itu, dengan jalinan komunikasi yang baik antara Jepang dengan Pemprov NTB, melalui perwakilan Jepang yang berkedudukan di Denpasar itu, gubernur berharap semua program yang telah berjalan di NTB dapat diteruskan, bila perlu ditingkatkan.

‘’Saya berharap segala bentuk kerjasama dan bantuan dari Jepang semakin menciptakan hubungan yang harmonis antara kedua negara,’’ ungkapnya.

Seperti diketahui, Noboru sebelumnya menjabat sebagai Konsulat Jenderal Jepang Surabaya. Dan sejak Maret 2015 lalu, bertugas di Konsulat Jenderal Jepang Denpasar, yang membawahi tiga provinsi yaitu Provinsi Bali, NTB dan NTT. Di bawah kepemimpinannya, ia berharap segala urusan yang terjadi pada wilayah kerjanya dapat diatasi dengan baik. ‘’Harapan kami adalah menjadi Konsulat Jenderal yang dipercayai dan dicintai, di manapun kami berada,’’ tambah Noboru.(ar/dra/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *