Polres Lotim Berupaya Tingkatkan Status Jadi Polresta

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Polres Lombok Timur sedang berupaya meningkatkan status menjadi Polresta. Hal ini dilakukan, agar pelayanan kepada masyarakat dan pengawasan di wilayah tersebut dapat berjalan maksimal, mengingat adanya penambahan personel.

‘’Peningkatan status ini diusulkan melihat luas wilayah Lotim yang sangat luas dan jumlah penduduknya yang sangat banyak,’’ kata Kapolres Lombok Timur, AKBP Heri Prihanto kepada wartawan di kantornya, Selasa (11/8).

Heri mengatakan, terkait peningkatan status Polres Lotim ini, akan disampaikan ke Mabes Polri. Ia berharap agar usula ini bisa segera terwujud. ‘’Yang kita urus itu sama dengan yang diurus tiga sampai empat Polres di Sumbawa,’’ ungkapnya.

Hal lain yang menjadi acuan untuk peningkatan status, menurut Heri, yakni intensitas kasus yang cukup tinggi dan beragam kasus kejahatan, tindak kriminal dan persoalan masyarakat yang merata di seluruh wilayah. ‘’Ini juga menjadi salah satu alasan diperlukannya peningkatan status tersebut,’’ ujarnya.

Adapun jumlah personel Polres Lotim saat ini baru hanya mencapai 907 orang. Perbandingan jumlah anggota dengan masyarakat yakni 1 berbanding 1.400 orang warga. Padahal, idealnya perbandingan polisi dan penduduk adalah 1 berbanding 500 orang.

Sehingga, dengan adanya peningkatan status itu, setidaknya bisa mendekati perbaningan tersebut. ‘’Kita juga telah mengusulkan untuk penambahan tiga Polsek baru. Ketiga Polsek baru yang diusulkan itu, yakni Polsek Sakra Timur, Polsek Suralaga, dan Polsek Wanasaba. Jadi, total Polsek di wilayah Lotim nantinya adalah sebanyak 21 Polsek.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.