114 Napi Rutan Praya Dapat Remisi

2 minutes reading
Monday, 17 Aug 2015 10:03 0 640 Editor
APEL PEMBERIAN REMISI: Suasana apel pemberian remisi di Rutan Praya, Lombok Tengah. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

APEL PEMBERIAN REMISI: Suasana apel pemberian remisi di Rutan Praya, Lombok Tengah. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Sebanyak 114 orang narapidana yang berada di Rumah Tahanan (Rutan) Praya, Lombok Tengah, mendapat remisi umum dan remisi dasawarsa dari Kementerian Hukum dan HAM pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-70 Tahun 2015.

Pemberian remisi terhadap narapidana itu, dilakukan secara simbolis dari Kepala Rutan Praya Loteng, Sugeng Tri Wibowo kepada Wakil Bupati Loteng, HL Normal Suzana saat apel peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2015 di halaman Rutan Praya, Senin (17/8), sekitar pukul 08.00 Wita.

Sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan Wakil Bupati Loteng, HL Normal Suzana menyampaikan, remisi ini merupakan instrumen yang dapat merubah prilaku buruk seorang narapidana menjadi lebih baik setelah menjalani pembinaan dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Menurut Menkum dan HAM, sudah saatnya bangsa Indonesia berubah dan berbenah. Berpacu mengejar ketertinggalan dan memperbaiki keadaan, bangkit dan berprestasi untuk mengejar cita-cita yang belum digapai.

‘’Masih ada waktu untuk memperbaiki diri, mengejar ketertinggalan kita dari bangsa lain yang telah berhasil lebih dahulu menjadi bangsa yang maju dan mandiri,’’ katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika perang di masa lalu dalam kerangka merebut kemerdekaan, maka sekarang saatnya mengisi dengan segala kemajuan untuk kemandirian dan kesejahteraan. Pelajaran penting dari para pejuang bangsa, khususnya semangat dalam merebut kemerdekaan dengan segala pengorbanannya, layak diterapkan saat negara dan bangsa merintih dalam kesakitan atas berbagai ketidaknyamanan.

Sementara itu, Kepala Rutan Praya, Sugeng Tri Wibowo menambahkan, remisi umum dan remisi dasawarsa tahun ini diberikan kepada dua orang napi selama tujuh bulan, 20 orang dapat remisi enam bulan, 11 orang dapat remisi lima bulan, 27 orang dapat remisi empat bulan, sembilan orang dapat remisi tiga bulan, 27 orang dapat remisi dua bulan, enam orang dapat remisi satu bulan, empa orang mendapat remisi 25 hari.

Untuk remisi dasawarsa selama tiga bulan diberikan kepada tiga orang, empat orang dapat remisi dua bulan, dua orang dapat remisi satu bulan, dan empat orang dapat remisi 25 hari. ‘’Jumlah narapidana yang mendapat remisi pada HUT RI tahun 2015 ini sebanyak 114 orang,’’ katanya.(ROS)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA