Selamatkan Tanaman untuk Antisipasi Kekeringan

1 minutes reading
Monday, 17 Aug 2015 16:01 0 414 Editor

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Untuk mengantisipasi kekeringan di wilayah Lombok Timur, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat makin intens berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU), maupun Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Lotim.

‘’Masing-masing institusi yang berkaitan dengan kekeringan saat ini, sedang melakukan pendataan terhadap lahan-lahan kering, serta yang masih bisa diselamatkan,’’ kata Kepala BPBD Lombok Timur, H Napsi kepada wartawan di Selong, Lotim, Senin (17/8).

Dalam mengantisipasi kekeringan, yang perlu diselamatkan menurut Napsi adalah pengamanan target suasembada pangan. ‘’Suasembada pangan ini yang utama harus kita selamatkan, sehingga masing-masing institusi terkait melakukan pendataan, sebagaimana tugas pokok dan fungsi masing-masing,’’ ungkapnya.

Selain itu, dalam mengantisipasi kekeringan ini, pihaknya juga terus melakukan perisapan alat-alat, termasuk sarana air bersih, serta melakukan koordinasi dengan dunia usaha, bahkan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Setidaknya, sudah banyak pihak yang memberikan bantuan dalam mengantisipasi kekeringan ini, khususnya untuk bantuan air bersih. Diantaranya; Bank NTB, Dompet Dhuafa, IDI, PMI.

Wilayah yang sebelumnya tidak masuk potensi kekeringan, juga diberikan bantuan sepanjang ada permintaan dari pihak desa bersangkutan. Tapi, yang paling urgent untuk mengantisipasi dalam situasi kekeringan sekarang ini yaitu efek bahaya kebakaran. Artinya, kebakaran ini harus diwaspadai, mengingat dapat muncul sewaktu-waktu.(DIM)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA