Distanak Lotim Masih Data Hewan Qurban

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Timur masih mendata jumlah hewan qurban yang akan di qurban pada Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah.

‘’Kami sedang berkoodinasi dengan panitia qurban yang ada mengenai masalah hewan qurban ini,’’ kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Lotim, drh Heru Rachamadi kepada wartawan di Selong, Kamis (20/8).

Heru memperkirakan H-14, jumlah hewan qurban sudah jelas. Sedangkan untuk pemeriksaan, akan dilakukan pada H-7 dan pemeriksaan ulang pada H-1. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah hewan itu memenuhi syarat atau tidak untuk di potong.

Bila ada yang tidak memenuhi syarat, maka akan diganti dengan hewan yang lebih sehat. Yang bisa dilihat dari umur, jenis kelamin jantan, testis protum harus kuat, bertanduk dan tidak patah serta tidak pincang. ‘’Yang jelas, hewan qurban itu harus sehat semuanya. Insya Allah hewan di Lotim bebas antrak, tidak ingusan,’’ ungkapnya.

Heru menjelaskan, hewan yang akan dipotong di Lotim ini berasal dari Pulau Lombok, dan tidak ada berasal dari luar daerah. Karena, dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban pada saat Hari Raya Qurban nanti. ‘’Stok daging untuk Hari Raya Qurban aman dan tidak ada masalah,’’ ujarnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.