Tingkatkan Peran FKDM dalam Masyarakat

2 minutes reading
Thursday, 20 Aug 2015 16:04 0 557 Editor
Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr TGH M Zainul Majdi saat menerima anggota FKDM NTB, di ruang kerjanya, Kamis (20/8).

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr TGH M Zainul Majdi saat menerima anggota FKDM NTB, di ruang kerjanya, Kamis (20/8).

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr TGH M Zainul Majdi, didampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Kesra Setda Provinsi NTB, HL Syafi’i, dan Kepala Bakesbangpoldagri NTB, Lalu Bayu Windia, menerima anggota Forum Kewaspadan Dini Masyarakat (FKDM) NTB, di ruang kerja gubernur, Kamis (20/8).

Pimpinan rombongan, Dr Muh Nasir menjelaskan, FKDM dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.12 tahun 2006. Dalam kesempatan bersilaturrahmi dengan gubernur itu, ia beserta perwakilan anggota forum yang berasal dari masing-masing kabupaten/kota se-NTB sengaja ingin melaporkan kepada gubernur terkait perkembangan kegiatan yang telah dilakukan FKDM.

Sejauh ini, pihaknya beserta anggota yang lain telah melaksanakan sosialisasi di berbagai tempat untuk lebih mendekatkan dan mengakrabkan peran FKDM kepada masyarakat. Sosialisasi dimaksud, kata Nasir, telah melibatkan berbagai tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di NTB. Selain itu, telah digelar pula FGD di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Bima. Dua daerah ini yang menurutnya rawan konflik.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpoldagri NTB, Lalu Bayu Windia menjelaskan, FKDM merupakan wadah paling awal yang diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya kerawanan gangguan Kamtibmas. Karena, dengan adanya peran serta masyarakat dalam mengetahui dinamika yang terjadi di lingkungan, sedari awal dapat dilakukan langkah-langkah antisipasi.

Bayu menjelaskan, sesuai kedudukannya, maka tugas FKDM adalah membantu pemerintah mendeteksi dini potensi konflik sosial di masyarakat, membantu upaya perdamaian terhadap masyarakat yang mengalami konflik, dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah dalam upaya penyelesaian konflik sosial.(ar/dra/ltd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA