Ketua DPR RI Buka Lomba Poto

JAKARTA, Lomboktoday.co.id – Ketua DPR RI, Setya Novanto membuka pameran foto ‘’Warna-Warni Foto Parlemen’’ karya para wartawan yang setiap harinya meliput kegiatan DPR RI. Karena itu, dia mengaprsiasi terhadap 101 foto yang dipamerkan setelah dilakukan seleksi dari 1.700 foto yang terkumpul. Pameran ini berlangsung sejak Jumat (28/8) sampai Jumat (04/9), di Gedung Nusantara II, Gedung DPR RI Jakarta.

‘’Kami mengapresiasi pameran foto hasil jepretan para wartawan parlemen selama setahun terakhir ini. Kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya, semoga ini menjadi konstribusi positif untuk DPR RI yang lebih baik,’’ tegas Setya Novanto ketika membuka acara tersebut, Jumat (28/8).

Hadir dalam kesempatan tersebut, antara lain Wakil Ketua DPR RI, Taufiq Kurniawan, anggota DPR RI FPG, Satya Widya Yudha, Sekjen DPR RI, Winantuningtyastiti, Kepala Pemberitaan DPR RI, Dadang Prayitna dan para wartawan.

Pameran ini digelar untuk memperingati 70 tahun Indonesia merdeka dan 70 tahun kelahiran DPR RI. Hanya saja, kata Setya Novanto, dalam lomba ini dirinya tidak ikut menilai dan mempersilakan kepada pimpinan DPR RI yang lain seperti Taufiq Kurniawan, Fahri Hamzah, Fadli Zon, dan Agus Hermanto untuk ikut menilai mana yang terbaik diantara 101 foto yang dipamerkan tersebut.

Ke depan, kata Wakil Ketua Umum DPP Golkar itu, dirinya ingin menggelar loma selain foto; yaitu loma menulis dan video.

‘’Apakah pada Oktober berbarengan dengan Hari Sumpah Pemuda, November bersamaan dengan Hari Pahlawan?’’ nanti kita bicarakan. Yang jelas, anggaran lomba ini bukan berasal dari APBN, melainkan hasil iuran pimpinan dan anggota DPR RI, agar lebih dekat dengan wartawan dan masyarakat,’’ ungkapnya.

Sebanyak 101 foto tersebut merupakan karya dari 26 wartawan foto parlemen, dari berbagai media massa, serta delapan fotografer pemberitaan DPR RI. Terhitung 1.700 karya foto yang terkumpul dan panitia pemilih sebanyak 101 yang dinilai layak dan mewakili kegiatan-kegiatan anggota DPR RI, yang berhasil diabadikan sejak pelantikan anggota DPR RI periode 2014-2015 sampai saat ini.

Pameran foto wartawan parlemen ini merupakan pameran yang ke-4. Hanya sebelumnya tidak pernah dilombakan. Tapi, kata Ketua Koordinatoriat Parlemen, Hilman Mattauch dalam sambutannya, kini di bawah kepemimpinan Setya Novanto, dilombakan dengan tiga kategori: yaitu kategori profesional (fotografer), amatir (wartawan penulis berita), dan umum (untuk karyawan DPR RI).

Untuk kategori fotografer dan amatir mendapat hadiah utama sebuah sepeda motor dan uang jutaan rupiah, sedangkan untuk kategori umum hanya mendapatkan uang jutaan rupiah.(ers/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published.