Perusahaan Tembakau Diminta Tak Mainkan Harga

Wabup Lotim, H Khaerul Warisin. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)
Wabup Lotim, H Khaerul Warisin. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)
Wabup Lotim, H Khaerul Warisin. (Dok/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Wakil Bupati Lombok Timur, H Khaerul Warisin meminta kepada semua perusahaan tembakau yang beroperasi di wilayah Lombok Timur untuk tidak sekali-kali mempermainkan harga. Karena bila itu terjadi, maka Pemerintah Kabupaten Lotim tidak akan segan-segan untuk memberikan sanksi tegas.

‘’Kami tegaskan kepada semua perusahaan tembakau agar melakukan pembelian yang adil, tidak saja memprioritaskan dalam membeli hasil omprongan tembakau petani binaannya, tapi juga membeli hasil petani swadaya,’’ katanya kepada wartawan di kantornya, Selasa (01/9).

Hal ini menurut wabup, untuk mencegah adanya gesekan atau gejolak dalam pembelian yang dilakukan perusahaan tembakau di daerah ini. Disamping itu, pihaknya juga berharap kepada perusahaan untuk tidak memainkan grade dalam pembelian tembakau tersebut.

‘’Sampai saat ini, kami masih belum melihat adanya permainan harga yang dilakukan perusahan, melainkan masih dalam taraf normal saja. Begitu juga harga pembelian yang dilakukan perusahaan, sudah cukup memuaskan di kalangan petani,’’ ungkapnya.

Ini juga tidak terlepas dari kualitas hasil tembakau petani yang lumayan bagus, termasuk juga banyak diantara para petani yang tidak menanam, sehingga luas areal tanam sangat kurang. ‘’Kami akan kawal terus pembelian tembakau yang dilakukan perusahaan, tanpa ada yang disembunyikan,’’ ujarnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.