Pembangunan Mushalla Al-Amanah Diresmikan

TGH Hazmi Hamzar saat memberikan sambutan sebelum melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mushalla Al-Amanah. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
TGH Hazmi Hamzar saat memberikan sambutan sebelum melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mushalla Al-Amanah. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
TGH Hazmi Hamzar saat memberikan sambutan sebelum melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mushalla Al-Amanah. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pimpinan Pusat Yayasan Maraqitta’limat Nusa Tenggara Barat, TGH Hazmi Hamzar didaulat melakukan peletakan batu pertama untuk dimulainya pembangunan Mushalla Al-Amanah, Reban Belek, Dusun Temanjor, Desa Tanak Gadang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur, pada Sabtu (19/9).

‘’Lokasi pembangunan mushalla ini sangat tepat dan strategis. Dan saya menyetujui mushalla ini diberi nama Mushalla Al-Amanah. Insya Allah akan mendatangkan berkah bagi kita semua, terutama dari keluarga ahli waris yang telah menjalankan niatnya, menjadikan sebagian tanah peninggalan leluhurnya untuk amal jariah,’’ kata TGH Hazmi Hamzar dalam sambutannya pada acara peletakan batu pertama musholla tersebut.

Hadir dalam acara itu, para tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala Desa Tanak Gadang dan jajarannya, aktivis, LSM, tokoh pemuda dan jamaah Maraqitta’limat desa setempat.

TGH Hazmi Hamzar menuturkan keinginannnya yang sudah cukup lama agar dibangun mushalla di pinggir jalan yang menghubungkan antara Desa Tanak Gadang dengan Desa Tirtanadi, Lombok Timur. ‘’Alhamdulillah, keinginan itu bersambut dan Insya Allah mushalla ini akan ramai, tempat singgah inaq-amaq semeton jari (ibu-bapak semuanya, Red), saudara-saudara kita yang ingin menunaikan shalat atau istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan,’’ ungkapnya disambut antusias jamaah.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pembangunan Mushalla Al-Amanah, Sukri Aruman dalam laporannya menyebutkan, rencana pembangunan Mushalla Al-Amanah merupakan ikhtiar dan niat ikhlas yang diprakarsai ahli waris, Papuq Jumayang dan Papuq Srianom di Dusun Temanjor Tegaron, Desa Tanak Gadang dengan mewakafkan lahan seluas 200 meter2 untuk lokasi pembangunan Mushalla Al-Amanah.

‘’Kami telah membentuk panitia pembangunan yang Insya Allah akan mulai bekerja mengerahkan segala daya dan upaya memanfaatkan dan memberdayakan kemampuan swadaya murni keluarga dan masyarakat agar mushalla ini dapat terwujud sesuai harapan,’’ katanya.

Sukri Aruman mengatakan, Mushalla Al-Amanah ini, rencananya dibangun berukuran 7X9 meter yang akan dibangun bertahap. Nama Al-Amanah sendiri, lanjutnya, merupakan pilihan terbaik dari sekian nama yang diusulkan ahli waris melalui proses musyawarah untuk mufakat.

‘’Kami akhirnya menyerahkan sepenuhnya pemberian nama itu kepada TGH Hazmi Hamzar dan beliau menyarankan mushalla ini diberi nama Mushalla Al-Amanah. Dan kami mohon dukungan semua pihak agar mushalla kita ini dapat segera terwujud,’’ terangnya sembari menunjukkan optimisme yang tinggi bahwa kelak Mushalla Al-Amanah tidak sekadar tempat ibadah menunaikan shalat lima waktu, tapi juga akan dikembangkan menjadi pusat dan Taman Pendidikan Alquran, kegiatan remaja mushalla, asuhan keluarga dan kegiatan sosial keagamaan lainnya.

Japda Lotim Minta Bupati Berikan Dukungan

Sementara itu, dukungan dan apresiasi atas rencana pembangunan Mushalla Al-Amanah juga disampaikan berbagai kalangan, termasuk aktivis LSM. ‘’Saya melihat ini sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam bidang sosial keagamaan. Kita berharap mushalla ini ke depan, tidak sekadar dijadikan tempat ritual keagamaan, tapi lebih dari itu memberikan pendidikan agama yang menjadikan benteng moral bagi anak-anak bangsa ke depan,’’ kata Ketua Jaringan Aktivis Peduli Daerah (Japda) Lombok Timur, Lalu Saparudin Aldi yang menyempatkan diri hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan mushalla tersebut.

Ia berharap juga kepada pemerintah berpartisipasi, apalagi Lombok Timur menggaung-gaungkan diri sebagai Bumi Syariat Islam. Maka, Japda meminta Bupati Lotim, Ali BD dan jajarannya seperti Bazda dan Kementerian Agama Lombok Timur untuk memberikan dukungan guna percepatan pembangunan Mushalla Al-Amanah. Ia juga yakin kalau warga Desa Tanak Gadang tentu senang sekali dan mendukung pembangunan mushalla ini.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.