Wagub NTB Buka Job Fair Expo 2015

JOB FAIR EXPO: Wagub NTB, H Muh Amin saat membuka acara Job Fair Expo 2015.

JOB FAIR EXPO: Wagub NTB, H Muh Amin saat memukul gong sebagai tanda mulai dibukanya acara Job Fair Expo 2015.

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Muh Amin membuka acara Job Fair  Expo 2015, Jumat (02/10).

Penyelenggaraan Job Fair Expo 2015 ini terkesan khusus, karena tahun ini adalah tahun Expo Tenaga Kerja Khusus (Dissabilitas). Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di Gelanggang Pemuda  dan Olahraga, Jalan Pendidikan No.49 Mataram, dari 2-3 Oktober 2015.

Hadir dalam kegiatan tersebut mendampingi Wagub NTB, H Muh Amin yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB, H Wildan dan Dirjen Pentasker Kementrian Tenaga Kerja, Erna.

Job Fair Expo 2015 ini bertujuan untuk memberikan pelayanan informasi kepada seluruh masyarakat tentang Bursa Kerja pada perusaahaan-perusahaan yang ada di seluruh NTB, disamping itu juga Job Fair ini untuk memfasilitasi pencari kerja guna mendapatkan pekerjaan  sesuai pengetahuan keterampilan, bakat dan minat. Serta membantu perusahaan pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenga kerja yang berkualitas, propesional sesuai dengan kebutuhan, membantu para pengusaha kecil menengah dalam Binaan Disnakertran untuk mempromosikan usahanya di tengah masyarakat dan yang terakhir mengurangi jumlah pengangguran.

‘’Job Fair Expo ini juga untuk memberikan pelayanan informasi ketenagakerjaan kepada saudara kita penyandang Dissabilitas,’’ katanya.

Dalam kesempatan itu, Kadisnakertran NTB, H Wildan melaporkan NTB, kegiatan Job Fair Expo ini diikuti oleh 40 perusahaan yang tersebar di seluruh Propinsi NTB, khususnya di Kota mataram. Sedangkan pameran GPP diikuti oleh 60 orang atau stand dan expo dissabilitas di ikuti oleh 80 orang peserta dengan stand berjumlah 40.

Wagub NTB, H Muh Amin dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Disnakertran NTB yang bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada perusahaan/pengusaha yang telah menyediakan lowongan pekerjaan. ‘’Semoga permasalahan pengangguran di NTB ini sedikit demi sedikit dapat lebih diatasi,’’ katanya.

Wagub menyatakan, salah satu upaya untuk menanggulangi ketidakseimbangan masalah ketenagakerjaan yang mengakibatkan masih tingginya angka pengangguran itu adalah melalui kegiatan pameran bursa kerja (job fair), gerakan penanggulangan pengangguran (gpp), dan expo tenaga kerja khusus (dissabilitas). Jadi, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan terjadi percepatan pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja, termasuk juga memberikan kesempatan kepada wirausaha muda dan penyandang cacat dissabilitas untuk dapat mengambil bagian dalam kegiatan ini.

Terkait kegiatan expo dissabilitas yang dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran dan dukungan dari masyarakat/pemangku kepentingan terhadap berbagai kebijakan dan program penempatan tenaga kerja khusus, pada hakekatnya hal tersebut lebih disebabkan karena kurang adanya pengenalan, pengetahuan dan pemahaman masyarakat dan para pemangku kepentingan terhadap maksud/tujuan, serta manfaat yang dihasilkan dari berbagai kebijakan dan program yang ditetapkan oleh pemerintah.

‘’Melalui kegiatan ini, kami berharap terdapat penyerapan tenaga kerja sebanyak mungkin, sehingga kesejahteraan baik diri sendiri maupun keluarga dapat terjamin. Kami juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan pada tahun-tahun mendatang,’’ ungkapnya.

Pada akhir kegiatan, wagub NTB memberikan pengharagaan kepada lima perusahaan atau Yayasan  yang telah mengkaryakan tenaga khusus (dissabilitas), diantaranya; CV Global Tekno, CV Dwipa Eka Cipta Kencana, Yayasan Lombok Care, CV Alby Putra dan Lembaga Al-Imron. Setelah itu, baru kemudian wagub mengunjungi stand yang berada di lokasi Job Fair Expo 2015.(sul/ar/dra/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply