Kontes Kambing Etawa Meriahkan HUT Loteng ke-70

Kerjasama Bagian Humas Setdakab Loteng dengan Lomboktoday.co.id

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Loteng terus berupaya meningkatkan populasi mutu genetik ternak kambing peranakan etawa (PE) di Bumi Tatas Tuhu Trasna Loteng.

Bupati Loteng, HM Suhaili FT saat mengunjungi peserta kontes ternak kambing peranakan etawa. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Bupati Loteng, HM Suhaili FT saat mengunjungi peserta kontes ternak kambing peranakan etawa. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Salah satu langkah yang dilakukan Dispertanak Loteng adalah dengan mengadakan kegiatan kontes ternak kambing peranakan etawa dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Loteng ke-70 tahun 2015.

Kegiatan kontes ternak kambing etawa yang diikuti oleh semua peternak kambing etawa se-Loteng itu, dibuka langsung oleh Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT, di lapangan bundar Praya, Loteng, Kamis (08/10).

Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT dalam sambutannya mengatakan, kegiatan kontes kambing peranakan etawa ini, dilatarbelakangi oleh tujuan dan maksud yang sangat mulia. Dimana, hajatannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Loteng. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wahana untuk mengentaskan kemiskinan di Bumi Tatas Tuhu Trasna Loteng.

‘’Sesuai data yang ada, angka kemiskinan di Kabupaten Loteng hingga tahun 2015 ini masih sekitar 15 persen masyarakat Loteng yang tergolong miskin,’’ katanya.

Kegiatan kontes ternak seperti ini sangat besar manfaatnya. Kegiatan ini juga bisa mendorong dan meningkatkan semangat masyarakat Loteng untuk terus beternak, baik ternak kambing, ternak sapi dan ternak lainnya.

Disamping itu, kegiatan ini bisa mendorong peternak kambing etawa, khususnya untuk lebih professional dalam beternak. Serta dapat meningkatkan populasi ternak etawa di Kabupaten Loteng.

Untuk dua tahun terakhir ini, jumlah populasi kambing etawa di Loteng terus mengalami peningkatkan, meskipun ternak kambing biasa berkurang. ‘’Saya juga harapkan supaya bukan kontes ternak kambing etawa saja yang digelar, tapi kedepan kalau bisa kontes ternak sapi juga digelar. Sehingga bisa meningkatkan semangat masyarakat Loteng untuk beternak,’’ ungkapnya.

Dalam kegiatan kontes ternak kambing etawa ini, orng nomor satu di Loteng itu juga menambahkan hadiah berupa uang tunai Rp2 juga bagi juara I, selain mendapatkan satu ekor kambing jenis etawa yang dibeli dari Jawa oleh panitia penyelenggara.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply