Lotim Raih Penghargaan Suasembada Pangan

Wabup Lotim, H Haerul Warisin. (Dok/Lomboktoday.co.id)
Wabup Lotim, H Khaerul Warisin. (Dok/Lomboktoday.co.id)
Wabup Lotim, H Khaerul Warisin. (Dok/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur berhasil meraih penghargaan dari pemerintah pusat, atas kesuksesannya dalam mensukseskan suasembada pangan.

‘’Kesuksesan ini, Lotim langsung dijadikan sebagai daerah penyumbang dan penyangga pangan nasional,’’ kata Wakil Bupati Lombok Timur, H Khaerul Warisin, di kantor LLK Lotim, Kamis (22/10).

Khaerul Warisin mengatakan, keberhasilan ini tak lepas dari peran serta masyarakat, termasuk stakeholders yang ada. Meski musim kemarau panjang melanda daerah ini, namun dalam memenuhi target realiasi suasembada pangan berhasil diraih.

‘’Dari 10 kabupaten/kota di NTB, hanya Lotim yang diberikan penghargaan atas kesuksesannya dalam mensukseskan suasembada pangan,’’ ungkapnya.

Karena, Lotim dinilai telah berhasil meningkatkan hasil produksi pangan. ‘’Selama suasembada pangan digelar, hasil produksi petani per hektare meningkat dari 5-7 ton per hektare sebelumnya, meningkat menjadi 9-13 ton saat ini,’’ jelasnya sembari menyebutkan, jenis bibit padi yang ditanam selama suasebada digelar yaitu Hibrida 168.

Hasil produksi Hibrida 168 ini, lanjutnya, tidak jauh berbeda dengan hasil produsi bibit IPB 35 yang banyak ditanam di wilayah yang berhasil mensukseskan suasembada pangan tersebut. Ia juga meminta agar keberhasilan dalam suasembada pangan ini, untuk dipertahankan dan ditingkatkan.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.