Tak Berprestasi, Lebih Baik Tak Ikut Lelang Jabatan

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Bupati Lombok Timur, HM Ali Bin Dachaln mewacanakan dalam waktu dekat ini akan melakukan mutasi jabatan. Namun, dalam menentukan pejabat yang akan ditunjuk memegang jabatan, akan ditentukan dari hasil seleksi yang dilakukan oleh panitia seleksi (pansel).

‘’Bagi pejabat yang ingin ikut seleksi untuk menduduki jabatan, kalau tak punya prestasi lebih baik tak usah ikut seleksi,’’ kata Bupati Ali BD mengingatkan para pejabat yang ikut seleksi, saat menggelar rapat koordinasi (rakor) yang digelar di pendopo bupati, Kamis (05/11).

Menurut bupati, dirinya menginginkan para pejabat yang akan menduduki jabatan dan lulus seleksi itu, nantinya adalah orang-orang yang memiliki prestasi dan inovasi dalam membangun Lotim ke arah yang lebih baik, termasuk juga yang mampu menguasai teknologi. ‘’Sekarang ini, banyak pejabat yang tak memiliki prestasi, sehingga pembangunan menjadi terhambat,’’ ungkapnya.

Dan apa yang akan dilakukan itu, dilakukan sebagaimana yang termaktub dalam Kepmenpan No.13 tahun 2014 tentang Seleksi dan Pengisian Jabatan Pejabat Tinggi (JPT).

Seleksi dilakukan, karena jumlah jabatan yang ada tak sebanding dengan jumlah PNS yang ada. Sehingga dirinya dalam menunjuk seseorang untuk menduduki jabatan, harus lulus seleksi. Ia juga mengingatkan, jangan sampai para peserta yang akan ikut seleksi, nilainya minim lagi seperti hasil seleksi sebelumnya. Jumlah pesertanya banyak, tapi nilainya minim. Artinya, pejabat yang ikut seleksi sebelumnya, nilainya rendah. Tak ada yang mencapai nilai angka dua.

Kabid Pengembangan BKD dan Diklat Lombok Timur, Juarinono membenarkan adanya wacana bupati untuk membuat pansel jabatan itu. ‘’Kita tinggal menunggu perintah saja,’’ katanya.

Karena, untuk melakukan pelelangan jabatan ini, harus dibentuk pansel sebagaimana yang diatur dalam Kepmenpan tersebut. ‘’Siapa saja boleh ikut sepanjang memenuhi persyaratan,’’ ungkapnya.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.