BIL Masih Tutup

DITUTUP: Aktivitas penerbangan di BIL sampai hari ini masih ditutup. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
DITUTUP: Aktivitas penerbangan di BIL sampai hari ini masih ditutup. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
DITUTUP: Aktivitas penerbangan di BIL sampai hari ini masih ditutup. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Lombok (BIL), Tanak Awu, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sampai hari ini, Senin (09/11), nampaknya masih tutup. Ini akibat dari erupsi letusan abu vulkanik Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani Lombok.

Penutupan aktivitas penerbangan di BIL tersebut diperpanjang sejak ditutup mulai Rabu (04/11) lalu hingga Selasa besok (10/11).

‘’Sampai hari ini, Senin (09/11), BIL masih ditutup akibat dari erupsi letusan abu vulkanik Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani yang masih aktif,’’ kata General Manager PT Angkasa Pura I BIL, Pujiono kepada wartawan di kantornya, Senin (09/11).

Sesuai hasil pantauan Badan Meteorology, Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Selaparang, kata Pujiono, bahwa erupsi abu vulkanik dari letusan Gunung Barujari itu, masih aktif sampai sekarang. Sehingga aktivitas penerbangan juga menjadi tergangu. Karena, yang menentukan aktivitas dari penerbangan itu adalah BMKG.

Karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat yang akan bepergian untuk mengunakan jalur darat, mengingat pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan BIL akan ditutup.

Sementara itu, Prakirawan BMKG Selapang, Joko Raharjo mengatakan, sesuai hasil analisa satelit dari BMKG hingga pukul 10.16 Wita, Senin (09/11), sebaran abu vulkanik dari letusan Gunung Barujari itu, saat ini masih mengarah ke arah Selatan Barat. Itu sebabnya, BIL masih ditutup. Sedangkan untuk arah ke Denpasar, Bali, saat ini sudah tidak ada abu vulkanik.

‘’Selama letusan Gunung Barujari masih aktif dan semburan abu vulkanik masih mengarah ke BIL, maka tidak menutup kemungkinan BIL akan masih ditutup. Lebih-lebih arah angin yang membawa abu vulkanik saat ini tidak menentu. Tapi, sesuai hasil rapat dengan pihak Angkasa Pura, BIL akan ditutup sampai besok (Selasa, 10/11),’’ kata Joko Raharjo.

Pantauan Lomboktoday.co.id di Bandara Internasional Lombok (BIL), terlihat aktivitas di BIL masih sepi. Hanya terlihat sejumlah penumpang yang masih menunggu kepastian kapan akan mulai dibukanya BIL tersebut. Begitu juga dengan para petugas di BIL, hanya terlihat duduk dan mengawasi areal di sekitar BIL.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.