MUI NTB Temui Gubernur

3 minutes reading
Monday, 9 Nov 2015 18:06 0 409 Editor
Ketua Umum MUI NTB, Prof H Saiful Muslim saat menemui Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi.

Ketua Umum MUI NTB, Prof H Saiful Muslim saat menemui Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi.

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Pengurus Majelis Utama Indonesia (MUI) NTB bersilaturrahim dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr TGH M Zainul Majdi, Senin (09/11).

Dalam kesempatan bertemu langsung dengan Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi itu, pengurus MUI yang diwakili oleh Ketua Umum MUI NTB, Prof H Saiful Muslim menyampaikan rencana dilaksanakannya Musyawarah Daerah (Musda) MUI NTB, pada 25-26 November 2015 mendatang, di salah satu hotel berbintang di Kota Mataram.

Secara khusus, Saiful Muslim menyampaikan undangan sekaligus mengharapkan perkenan gubernur untuk dapat hadir, memberi sambutan, sekaligus membuka pelaksanaan Musda dimaksud.

Selain menyampaikan rencana pelaksanaan Musda, Saiful Muslim juga melaporkan secara khusus kepada gubernur perkembangan pelaksanaan tugas kelembagaan yang telah dilaksanakan MUI dalam mendukung program/kegiatan pemerintah, seperti dukungan terhadap program/kebijakan gubernur untuk menjadikan NTB sebagai destinasi Halal Tourism Industry. MUI menurutnya, sangat bangga. Karena, melalui program ini, NTB bisa menampilkan ‘’Perbedaan yang Positif’’ dengan daerah lain.

Sekretaris MUI NTB, H Anang Zainuddin menjelaskan kepada gubernur, hingga sekarang MUI NTB telah mengeluarkan setidaknya 700 sertifikat halal bagi produk UMKM, dan masih terus bekerjasama dengan Dinas Perindag, Dinas Perkebunan dan Dinas Koperasi UMKM dalam memfasilitasi industri rumah tangga memperoleh sertifikat halal.

Saiful menambahkan, MUI NTB juga menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah, misalnya dengan KPID (masalah filtrasi penyiaran), BKKBN, Kanwil Kemenag. Bahkan dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, selama satu tahun belakangan ini, MUI sudah bekerjasama secara tertulis untuk mewujudkan program NTB sebagai destinasi halal tourism, yang terimplikasi melalui penyediaan tempat ibadah beserta kelengkapannya di hotel-hotel berbintang, seperti penentuan arah kiblat, tempat shalat, hingga Alquran. Termasuk juga kerjasama dengan OJK (untuk mewujudkan ekonomi syariah), serta dengan berbagai ormas.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya atas kinerja MUI NTB selama lima tahun yang telah melaksanakan amanah. Secara khusus, gubernur menyampaikan penghargaan terhadap beberapa program yang telah dilakukan MUI NTB, terutama terkait pembinaan keumatan, yang menurut gubernur, MUI telah bersungguh-sungguh, konsisten, dan istiqomah termasuk dalam menyikapi masalah terkait dengan amaliyah, yang ada di masyarakat. Seperti terhadap permasalahan ide-ide baru yang dilakukan oleh masyarakat, yang seringkali menimbulkan reaksi di masyarakat.

Dalam hal ini, gubernur sebagai kepala daerah mengharapkan solusi terbaik, yang sifatnya damai. ‘’Intinya, MUI telah ikut berkonstribusi nyata di NTB, sehingga kehidupan keagamaan di daerah kita relatif lebih sejuk dibandingkan daerah lain,’’ kata gubernur.

Berkaitan dengan halal tourism industry ini, gubernur menghimbau agar MUI memperhatikan dan terus memantau ketersediaan fasilitas pendukung, seperti akomodasi yang nyaman serta makanan yang halal untuk dikonsumsi oleh turis muslim.

‘’Khusus restoran yang banyak didatangi para pelancong, diharuskan mengantongi sertifikat halal,’’ ungkapnya.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan MUI menurut gubernur adalah perlunya MUI menunjukkan sikap tegas memerangi narkoba. ‘’Untuk menunjukkan kuatnya signal kita melawan narkoba, silakan MUI mendesak penegak hukum untuk menjatuhkan hukuman maksimal terhadap kasus-kasus narkoba skala besar. Karena, disinyalir jumlah penduduk NTB yang terpapar narkoba semakin meningkat,’’ ujarnya.(ar/dra/ltd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA