DPRD Lotim Didesak Bentuk Pansus Pertanian

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur didesak untuk segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) masalah pertanian. Karena di sektor pertanian ini, diduga banyak terjadi permasalahan dan ketimbangan, khususnya di wilayah Lotim, sehingga harus mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak, termasuk dari kalangan DPRD Lotim.

‘’Kami minta DPRD Lotim segera membentuk Pansus Pertanian,’’ kata Koordinator Aliansi Masyarakat Petani Lotim, Arsa Ali Umar di hadapan Komisi IV DPRD Lotim, saat hearing bersama Kadis Pertanian dan Peternakan Lotim, M Zaini dan pejabat Distanak setempat, di kantor DPRD Lotim, Kamis (19/11).

Melihat banyaknya ketimpangan yang terjadi di Distanak Lotim, baik dari masalah bantuan benih dan pupuk bersubsidi, bantuan alat pertanian maupun lainnya, tentu ini sangat merugikan para petani di daerah ini yang sudah mengajukan proposal. Sebab, mereka tidak mendapatkan dan justeru orang lain yang mendapatkannya.

Karenanya, dengan adanya keberanian DPRD Lotim untuk segera membentuk Pansus mengenai Pertanian ini, tentu sangat dinanti-nantikan. Karena, dengan pembentukan Pansus ini, setidaknya bisa mengurai atau menuntaskan berbagai permasalahan yang terjadi dalam pemberian bantuan tersebut.

‘’Kalau dewan tidak berani membentuk Pansus, berarti tidak mampu untuk menyelesaikan masalah yang diadukan masyarakat yang memilihnya. Dewan juga jangan hanya duduk di kantor saja, tapi hendaknya turun ke tengah-tengah masyarakat untuk melihat apa yang terjadi di lapangan,’’ ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Lotim, Daeng Paelori menanggapi permintaan dari Aliasi Masyarakat Petani Lotim. Ia mengatakan, untuk membentuk Pansus itu, ada proses yang harus dilakukan, dengan melihat persoalan yang disampaikan masyarakat ke dewan untuk dilengkapi data-data yang kongkrit dan kuat.

‘’Yang jelas, apa yang menjadi aspirasi masyarakat akan kami sampaikan kepada pimpinan, untuk dibahas kemudian ditindaklanjuti,’’ kata Daeng Paelori.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.