Wagub Minta Jaga Kondusifitas dan Netralitas di Pilkada

Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin memberikan sambutan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sumbawa Besar, Kamis (19/11).
Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin memberikan sambutan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sumbawa Besar, Kamis (19/11).
Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin memberikan sambutan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sumbawa Besar, Kamis (19/11).

SUMBAWA, Lomboktoday.co.id – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak untuk tujuh kabupaten/kota di NTB, harus berjalan lancar, tertib dan aman. Tidak hanya itu, netralitas bagi pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN), harus tetap terjaga, agar tidak mencederai perhelatan akbar di NTB tersebut.

‘’Kita sukseskan Pilkada ini dengan menjaga kondusifitas dan netralitas bagi ASN,’’ kata Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Muh Amin saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumbawa Besar, Kamis (19/11).

Kunjungan kerja Wagub NTB itu untuk memastikan secara langsung kesiapan Pilkada yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang. Baik dari segi logistik, keamanan maupun kesiapan lain yang menyangkut perhelatan tersebut. ‘’Saya ingin memastikan bahwa Pilkada serentak nanti berlangsung aman dan lancar,’’ ungkapnya.

Kunker yang berlangsung di aula kantor Bima, Sumbawa Besar itu, dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa Besar, HA Raismuka, Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad, Kepala Kejaksaan Negeri, Sugeng Hariadi, Kasdim 1607/Sumbawa, Abdul Haris, anggota KPU, anggota Panwaslu, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Saat itu, Wagub NTB, H Muh Amin menekankan agar pelaksanaan Pilkada tersebut tidak hanya fokus pada terpilihnya kepala daerah, namun harus juga memperhatikan partisipasi masyarakat. ‘’Kita harus mengupayakan agar masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pemilih semua ikut memilih,’’ ujarnya.

Karena itu, menurutnya, semua pihak harus ikut menyukseskan Pilkada nanti dengan mensosialisasikan pasangan calon dan waktu pelaksanaan pemilihan. Untuk keamanan, wagub berharap agar kondusifitas yang tercipta selama ini, harus tetap terjaga, baik sebelum maupun setelah pemilihan. Menurutnya, faktor keamanan merupakan hal yang sangat vital dalam Pilkada. Kalau tidak aman, maka tidak hanya mengganggu proses demokrasi, namun juga akan berefek pada pelambatan-pelambatan pembangunan daearah. ‘’Kalau pemilihan aman, maka pembangunan daerah akan cepat,’’ jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa, HA Raismuka menyampaikan, pihaknya beserta KPU dan pihak keamanan selalu berkoordinasi untuk kesiapan Pilkada mendatang, terutama menyangkut pasangan calon, alur kampanye, sosialisasi hari dan tanggal pemilihan dan logistik. Selain itu, pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman dengan pihak BKD dan Inspektorat Provinsi NTB terkait dengan ASN yang terlibat dalam politik praktis. ‘’ASN harus taat aturan dengan tidak coba-coba terlibat politik praktis,’’ katanya di hadapan wagub NTB.

Wabup Sumbawa juga menyampaikan jaminan keamanan atas penyelenggaraan Pilkada tersebut. Menurutnya, selama persiapan, pihaknya selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan semua unsur yang ada di Kabupaten Sumbawa.(ar/dra/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published.