Waspadai Kanker Payudara dan Rahim

BERI BANTUAN: Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Erica Zainul Majdi saat memberikan bantuan disela-sela acara road show di Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi, Lobar.
BERI BANTUAN: Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Erica Zainul Majdi saat memberikan bantuan disela-sela acara road show di Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi, Lobar.
BERI BANTUAN: Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Erica Zainul Majdi saat memberikan bantuan disela-sela acara Road Show HKH PKK ke-44 di Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi, Lobar.

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Dalam rangka proses pembangunanan nasional, tidak dapat dipungkiri bahwa peran perempuan dalam keluarga dan masyarakat, memiliki peran yang sangat penting dan strategis.

Keluarga berdaya dan sejahtera merupakan pondasi utama menuju bangsa yang besar dan kuat. Karenanya, upaya pemberdayaan kesejahteraan keluarga dapat diawali dengan proses pemberdayaan perempuan. Meliputi; kemitrasejajaran dan keharmonisan antara kaum pria dan wanita.

‘’Kiprah PKK menunjukkan kemajuan yang sangat pesat dalam pemberdayaan keluarga, termasuk di dalamnya ikut berpartisipasi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,’’ kata Plt Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid yang diwakili oleh Asisten Pengembangan dan Kesra Setdakab Lombok Barat, Bq Eva Nur Cahyaningsih pada acara Road Show HKG PKK yang ke-44 tahun 2015 di Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat, Sabtu (28/11).

Hadir pada acara Road Show tersebut, Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Erica Zainul Majdi, Wakil Ketua TP PKK  NTB, Hj Amsyiah Amin, Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat, Hj Haeratun Fauzan Khalid, Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Catur Sentane, Perwakilan SKPD Provinsi NTB dan SKPD se-Kabupaten Lombok Barat, para Camat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para kader.

Ketua TP PKK NTB, Hj Erica Zainul Majdi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka memantau dan menilai pelaksanaan 10 program PKK dan yang terlebih penting untuk bersilaturrahim kepada semua unsur masyarakat yang ada di Kecamatan Labuapi, tepatnya di Desa Bagik Polak.

Ketua TP PKK NTB juga mengingatkan kepada seluruh hadirin, khususnya kaum ibu tentang bahaya kanker  rahim dan kanker payudara. Deteksi dini kanker shervik ini adalah instruksi langsung Ibu Negara kepada seluruh ketua TP PKK se-Indonesia. Karena, kanker payudara  dan rahim ini adalah penyakit yang sangat berbahaya  yaitu pembunuh No.1 perempuan di dunia. Di Indonesia sendiri adalah penyebab kematian terbesar, terutama kanker servfiks. Setiap satu jam, ada satu perempuan yang meninggal dunia akibat kanker ini. Padahal penyakit ini jika dideteksi dari awal, penyembuhannya sangat singkat. Sederhana dan tanpa biaya.

Ia menyarankan kepada seluruh pemangku jabatan, para bidan dan dokter untuk terus mengajak kepada seluruh ibu-ibu untuk memeriksakan diri ke petugas kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Hj Erica juga menyaksikan langsung deklarasi Desa ODF (Open Defication Free) atau Deklarasi Basno yang diikuti oleh 13 desa di Kabupaten Lombok Barat. Disamping itu, Hj Erica yang didampingi Wakil Ketua TP PKK NTB dan Ketua TP PKK Lombok Barat memberikan bantuan kepada kepala Desa Narmada atas kesuksesannya di Bidang Sanitasi, memberikan bantuan makanan tambahan kepada ibu hamil, penyerahan dana operasional untuk administrasi terbaik tingkat kabupaten, pemberian bantuan bibit ikan kepada kepala Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi dan bantuan lainnya yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK NTB.

Sebagai rangkaian terakhir Road Show, Hj Erica mengunjungi PAUD dan BKB Harapan Bangsa yang ada di Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi, Lobar. Dalam kunjungan itu, Hj Erica berpesan kepada semua peserta didik untuk senantiasa menjaga sholat lima waktu, mengaji, belajar membaca dan menghitung supaya kelak cita-citanya tercapai.(ar/dra/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published.