UMK Lotim 2016 Naik

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Upah Minimal Kabupaten (UMK) untuk Kabupaten Lombok Timur mengalami kenaikan pada tahun 2016 mendatang, dari sebelumnya Rp1,3 juta menjadi Rp1,4 juta. Kenaikan ini tentu berdasarkan hasil keputusan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Lotim.

Selain mengalami kenaikan UMK Lotim tahun 2016, nilai ini juga lebih tinggi dari UMP yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi NTB. Karena, undang-undang yang mengatur demikian, sehingga Pemkab Lotim tinggal menjalankan.

‘’Memang UMK Lotim mengalami kenaikan beberapa persen dari tahun sebelumnya,’’ kata Kepada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (STT) Lotim, HM Aminullah kepada wartawan di pendopo bupati Lotim, Jumat (18/12).

Aminullah mengatakan, sebelum melakukan penetapan UMK Lotim tahun 2016, dari pemerintah daerah sudah mengundang berbagai pihak yang terlibat dalam hal penentuan masalah kenaikan UMK. Baik dari asosiasi pekerja, buruh maupun yang lainnya. Sehingga dalam pengambilan keputusan itu, tidak dilakukan secara sepihak.

Karena setelah diputuskan, tentunya dilanjutkan ke Bupati Lotim, HM Ali BD untuk ditetapkan agar memiliki kekuatan hukum yang kuat. Agar setiap perusahaan yang ada di Lotim, bisa melaksanakan sesuai aturan yang ada mengenai masalah pengupahan bagi buruh atau karyawannya.

‘’Semua elemen kita undang dalam penetapan UMK tahun 2016. Meski adanya kenaikan UMK, tentunya tidak seluruh perusahaan memberlakukan dan melakukan penyesuaian terhadap kemampuan yang ada,’’ ungkapnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.