Desa Ketare Dapat Penghargaan Stop BAB Sembarangan

Kades Ketare, Lalu Buntaran.
Kades Ketare, Lalu Buntaran.
Kades Ketare, Lalu Buntaran. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Desa Ketare, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah mendapatkan Penghargaan Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan dari Pemerintah Kabupaten Loteng melalui Dinas Kesehatan Loteng.

Penghargaan itu diberikan, karena semua warga di Desa Ketare itu sudah memiliki jamban. Sehingga, semua warga sudah tidak ada lagi yang BAB sembarangan.

‘’Desa Ketare mendapat Penghargaan Stof BAB Sembarangan dari Dikes Loteng, karena warga Desa Ketare sudah 100 persen mereka memiliki jamban sendiri, dan tidak ada lagi warga yang BAB sembarangan,’’ kata Kepala Desa Ketare, Lalu Buntaran kepada wartawan usai menerima Penghargaan Stop BAB Sembarangan di Praya, Senin (28/12).

Buntaran mengatakan, dengan adanya Penghargaan Stop BAB Sembarangan ini, setidaknya tingkat kesadaran masyarakat Desa Ketare akan pentingya hidup sehat dan tidak BAB sembarangan, sudah sangat tinggi.

Karena dia mengakui, sebelumnya warga Desa Ketare yang sudah memiliki jamban itu baru sekitar 40 persen, tapi saat ini sudah mencapai 100 persen.

Jadi, untuk memotivasi warga yang tidak memiliki jamban sendiri, pihaknya juga memberikan bantuan kepada warga. Sehingga warga memiliki kesadaran sendiri untuk membuat jamban. ‘’Saat ini, sudah tidak ada lagi warga di Desa Ketare yang BAB Sembarangan,’’ ungkapnya.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *