2015, Kasus Narkoba Meningkat

Catatan Akhir Tahun Kriminal

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Jumlah kasus narkoba yang berhasil diungkap Satuan Narkoba Polres Lombok Timur, selama kurun waktu 2015, sebanyak 16 kasus. Dari 16 kasus itu, jumlah tersangkanya 27 orang dengan barang bukti (BB) narkoba jenis sabu sebanyak 250 gram.

‘’Trend kasus narkoba tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,’’ kata Kapolres Lombok Timur, AKBP Karsiman melalui Kasat Narkoba Polres Lotim, AKP Arjuna Wijaya kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (30/12).

Karena menurut Arjuna, dalam kasus narkoba, khususnya narkoba jenis sabu ini, dinilai memiliki nilai ekonomis tinggi, sehingga banyak diantaranya tergiur untuk mengedarkannya. Apalagi pekerjaan para pelaku yang berhasil diamankan, sebagian besar wiraswasta. Sehingga mereka menjadikannya sebagai lahan menyambung hidupnya.

‘’Memang alasan mereka klasik, selalu berkaitan dengan ekonomi. Tapi, dampak dari itu, mereka mengabaikannya,’’ ungkapnya.

Sehingga, pihaknya terus menggencarkan pemberantasan terhadap narkoba, khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Disinggung jumlah kasus yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap, Arjuna menjelaskan, yang sudah tuntas sebanyak 12 kasus. Dan sisanya masih dalam proses penyidikan, tapi diprediksi dalam waktu dekat ini dapat tertuntaskan semua.

‘’Kalau melihat kasus yang kita ungkap ini, telah melampau target. Karena setiap jajaran Polres, ditargetkan mengungkap kasus narkoba sebanyak enam kasus,’’ ujarnya.

Selepas tahun 2015 ini, pihaknya berjanji akan meningkatkan lagi pengungkapan terhadap kasus narkoba yang marak beredar di wilayah Lotim. Yang menjadi sasarannya yakni para Bandar-bandar besar. Lebih-lebih pihaknya sudah memiliki target operasi (TO), sesuai hasil pemetaan di lapangan.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.