Komisi II DPRD NTB Tolak Pengerukan Pasir

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Keinginan Bupati Lombok Timur, HM Ali Bin Dachlan untuk mengijinkan pengerukan pasir laut di wilayah Lombok Timur untuk kepentingan reklamasi Telok Benua Bali, kembali mendapat kritikan. Kritikan kali ini datang dari Komisi II DPRD NTB.

‘’Komisi II DPRD NTB tetap menolak keinginan bupati Lotim terkait pemberian ijin pengerukan pasir laut itu,’’ kata Ketua Komisi II DPRD NTB, Hj Bq Isvi Rupaida usai melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Polres Lotim, Kamis (14/1).

Penolakan ini pun menurut Isvi, tidak hanya dari Komisi II DPRD NTB semata, tapi penolakan juga datang dari komisi yang lain. Karena dinilai pengerukan pasir laut itu akan berdampak terjadinya kerusakan lingkungan.

‘’Dampak dari pengerukan itu sangat besar, dan yang akan menerima imbas anak cucu kita ke depan. Sehingga masalah ini, hingga sekarang masih dalam tahap pengkajian dan analisa Amdal oleh pihak BPMLH NTB,’’ ungkapnya.

Bahkan dirinya pun mengatakan, yang berwenang mengeluarkan ijin terkait masalah pengerukan pasir laut itu adalah Pemerintah Provinsi NTB, bukan Pemerintah Kabupaten Lotim. Hingga saat ini, Pemprov NTB belum mengeluarkan ijin tersebut, karena masih dalam tahap analisa Amdalnya. ‘’Tidak ada kewenangan Pemkab Lotim untuk mengeluarkan ijin terkait pengerukan pasir laut tersebut,’’ pungkasnya.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.