Dengan Daurah, Sebarkan Pemahaman Islam Yang Benar

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr TGH M Zainul Majdi bersama Al-Allamah Al-Syaikh Dr Muhammad Bin Ismail Zain Al-Makky disela-sela acara Seminar Internasional ‘’Daurah Ulum Alquran’’.
Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi bersama Al-Allamah Al-Syaikh Dr Muhammad Bin Ismail Zain Al-Makky disela-sela acara Seminar Internasional ‘’Daurah Ulum Alquran’’.

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr TGH M Zainul Majdi membuka secara resmi pelaksanaan Seminar Internasional ‘’Daurah Ulum Alquran’’, di Pendopo Tengah Gubernur NTB, Jumat (15/1).

Daurah Ulum Alquran tahun 2016 ini adalah Daurah yang ke-4 kalinya di helat di Pulau Lombok. Kegiatan yang dimotori oleh Majlis Khairriji Al-Harromain ini, menghadirkan pembicara Internasional yaitu Al-Allamah Al-Syaikh Dr Muhammad Bin Ismail Zain Al-Makky. Sebelum ke Lombok, kegiatan Daurah juga dilaksanakan di Madura, Jawa dan Bali.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, TGH H Abdossubur M Tahir, QH. Kegiatan Daurah ini akan dihelat selama 2 (hari) hari di Pendopo Tengah Gubernur NTB yang akan dilaksanakan dari Jumat-Sabtu (15-16/1).

Kegiatan ini digelar untuk memperkokoh hubungan silaturrahmi antara para ulama dan pesantren se-Pulau Lombok. Pesertanya terdiri dari santri dan tuan guru yang berasal dari Pondok Pesanteren yang ada di Pulau Lombok, tercatat tidak kurang dari 400 peserta yang mengikuti kegiatan Daurah ini.

TGH H Abdossubur M Tahir menyampaikan banyak terima kasih kepada Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi atas bantuan dan kerjasamanya, sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.

Dalam sambutan pembukaannya, Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi mengungkapkan kesyukurannya dan kecintaan atas kehadiran/kedatangan Al-Allamah Al-Syaikh Dr Muhammad Bin Ismail  Zain Al-Makky di Pulau Lombok. Karena, diantara keduanya ada hubungan Mahabbah yang dibangun atas dasar kebaikan dan ilmu sebagaimana pendahulu mereka antara Syaikh Ismail Usman Zain Alyamani dengan Syaikh TGKH Zainuddin Abdul Majid Al-Pancori.

Gubernur berpesan kepada seluruh jamaah Al-Mukarramun dan para massaikh, membangun NTB tidak cukup dengan membangun jalan dan memperindah jembatan, membangun madrasah dan sekolah. Tapi, membangun dalam aspek maknai yang harus terpenuhi, yaitu terpeliharanya nilai-nilai kecintaan dan kebaikan. ‘’Nilai kebaikan itu bagi kita seorang muslim, puncaknya adalah melaksanakan apa yang ada dalam tuntunan Allah SWT dan Rasulnya,’’ katanya.

Melalui kesempatan itu, gubernur juga menyikapi kejadian pengeboman di Jakarta. Terkait hal itu, orang nomor satu di NTB itu sangat prihatin dengan kejadian tersebut. Ia menyerahkan permasalahan itu kepada pihak keamanan untuk selanjutnya mengejar dan menangkap pelakunya.

‘’Kita sebagai masyarakat untuk terus selalu saling menjaga dengan cara menyebarkan pemahaman Islam yang benar, kemudian kembali kita ajak saudara-saudara kita untuk mengkaji kitab-kitab yang membawa kita ke kebaikan. Daurah Ullum Alquran adalah bagian dari itu semua,’’ ungkapnya.

Terkait dengan kejadian di Jakarta, tanggapan dari Syeikh Dr Muhammad Bin Ismail Zain Al-Makky berpesan kepada seluruh hadirin supaya menyikapinya dengan penuh bijaksana. Untuk menyikapi kejadian itu, perlu keterlibatan para pemimpian, para santri, orangtua menasehati anak-anaknya, dan perlunya saling nasehat-menasehati. ‘’Beliau juga mengungkapkan bahwa membangun itu tidak cukup dengan membangun fisik, tapi juga membangun ruh jiwa atau ilmu,’’ katanya.(ar/dra/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *