Pengerjaan Proyek Swakelola Mematikan Kontraktor

263

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pengerjaan proyek yang dilakukan menggunakan sistem swakelola, akan mematikan para kontraktor atau rekanan yang ada di wilayah Lotim.

‘’Pengerjaan proyek menggunakan sistem swakelola yang telah diterapkan oleh Pak Bupati Lotim, HM Ali BD ini, justeru akan mematikan para kontraktor di Lotim,’’ kata Ketua Kadin Lotim, Mansur kepada wartawan di Polres Lotim, Senin (15/2).

Selain itu, kata Mansur, dengan sistem swakelola itu, para kontraktor mematikan akal. Sehingga, hal ini tentu sangat tidak diinginkan. Begitu juga dengan penggunaan sistem online untuk menentukan siapa pemenang proyek tersebut, harus dihapus. Karena pihaknya merasa kurang setuju terahadap sistem tersebut, yang ujung-ujungnya akan terjadi syarat dugaan permainan dalam penentuan pemenang proyek. ‘’Lebih baik sistem online itu harus dihapus dan kembali pada sistem semula,’’ ungkapnya.

Ia menilai bila pemerintah daerah kurang memperhatikan para kontraktor lokal, dan lebih condong menggunakan kontraktor dari luar daerah dalam pengerjaan proyek di daerah ini.

Jadi, wajar timbul kecemburuan sosial dari para kontraktor lokal yang ada. Mengingat lokasi proyek itu ada di Lotim, maka sudah seharusnya proyek itu diberikan pengerjaannya kepada kontraktor lokal, bukan kontraktor luar daerah.

‘’Mestinya bupati melihat dan bisa memberdayakan para kontraktor lokal untuk mengerjakan proyek, bukan malah memberikan orang luar seperti saat ini. Kalau seperti ini terus dilakukan, lantas kapan orang lokal bisa maju dan berkembang.(SR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here