Kodim 1615 Lotim Akan Cetak 6.000 Hektare Sawah Baru

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Kodim 1615 Lombok Timur pada tahun 2016 ini akan mencetak sawah baru seluas 6.000 hektare yang berlokasi di wilayah Lombok Timur bagian Utara, tepatnya di Kecamatan Sambelia.

Anggaran untuk mencetak sawah baru ini bersumber dari pemerintah pusat yang diberikan kepada TNI untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

‘’Tahun 2016 ini, di Lotim TNI akan mencetak sawah baru seluas 6.000 hektare,’’ kata Komandan Kodim 1615 Lotim, Letkol Inf Mustopa kepada wartawan di kantornya, Selasa (16/2).

Mustopa mengatakan, dipilihnya wilayah Lotim bagian Utara sebagai lokasi untuk mencetak sawah baru itu, tidak terlepas dari hasil pendataan yang dilakukannya di lapangan, dengan melihat berbagai aspek yang akan membantu dalam mendukung kegiatan tersebut. Salah satunya yakni adanya sumber mata air yang memadai di wilayah Utara, ketimbang di wilayah Selatan yang masih mengalami kekurangan air. Dan apabila proyek cetak sawah baru ini dilaksanakan di Selatan, tentu tidak akan bisa berjalan maksimal.

‘’Lahan yang akan dijadikan lokasi cetak sawah baru ini adalah yang dulunya hutan dan perkebunan yang dimiliki oleh masyarakat, agar kedepannya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Dalam melaksanakan kegiatan ini, kami juga bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Lotim,’’ ungkapnya.

Orang nomor satu di jajaran Kodim 1615 Lotim itu menjelaskan, personel yang akan diterjunkan untuk proyek cetak sawah baru ini lebih kurang sebanyak 100 personel, dan dibantu oleh masyarakat yang memiliki keahlian untuk mengoperasikan alat berat. Karena untuk menjalankan alat berat itu tidak gampang, melainkan membutuhkan keterampilan yang bagus. Orang-orang seperti inilah yang akan dipilih untuk bersama-sama ikut terlibat dalam program cetak sawah baru tersebut.

‘’Kami hanya melaksanakan perintah dari atasan untuk melaksanakan program cetak sawah baru ini, karena anggarannya berasal dari Mabes,’’ ujarnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.