Festival Pesona Bau Nyale 2016 Berlangsung Meriah

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Malam Festival Pesona Bau Nyale 2016 yang berlangsungkan di Pantai Senek, Dewa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, berlangsung meriah, Sabtu malam (27/2).

Dengan menampilkan tarian kolosal berjudul ‘’Tubuh Ini Saya Mandalika’’, karya Lalu Surya, memukau para pengunjung dengan menceritakan legenda Putri Mandalika dengan sentuhan seni modern.

Malam Festival yang diawali dengan karnaval di sore harinya ini, juga menjadi malam penobatan Putri Mandalika Bahari.

Gelar Putri Mandalika Bahari Tahun 2016 yang menjadi Duta Pariwisata Lombok Tengah ini, dimenangkan oleh Suci Qoriah Khoirunnisa.

Semakin malam, acara semakin meriah dengan menampilkan artis ibukota seperti Caca Handika, Dayu AG, dan Band Gigi yang menghentak para pengunjung festival, sebelum napak tilas Putri Nyale dengan pergi menangkap nyale.

Bupati Lombok Tenggah, HM Suhaili FT dalam sambutannya menyampaikan, pariwiasata merupakan unggulan utama bagi Kabupaten Lombok Tengah untuk mensejahterakan masyarakat. Dan Bau Nyale merupakan budaya, Legenda Lombok Tengah serta menjadi wahana promosikan potensi wisata yang ada di Lombok Tengah.

Ia berharap, Karnaval Bau Nyale yang merupakan bagian dari event budaya Provinsi NTB, juga diadakan di ibukota Provinsi NTB.

‘’Mari manfaatkan efek positif Bau Nyale ini sebagai magnet wistawan datang ke NTB membawa rezeki bagi masyarakat Lombok Tengah dan NTB,’’ katanya.

Deputi Pemasaran Kemenpar RI, Esthy Reko Astuti mengapresiasi Event Pesona Bau Nyale, karena komitmen melestarikan kearifan lokal yang menjadi daya tarik budaya.

‘’Atraksi pariwisata kearifan lokal harus dilestarikan dan dikemas dengan inovasi, dan kemasan event budaya malam hari ini luar biasa,’’ sanjungnya.

Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin juga menegaskan, NTB akan mengembangkan ekononi kreatif khususnya di bidang pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat.

‘’Event Bau Nyale ini akan kita pertahankan, kita akan terus tingkatkan rangkaian kegiatannya dan kemas lebih baik kedepan,’’ janji wagub.

Ia juga menginstruksikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, HL Moh Faozal untuk menindaklanjuti harapan Bupati Lombok Tengah untuk mengadakan karnaval Bau Nyale di tingkat provinsi. Sebagai penutup, ia berpesan kepada masyarakat agar mendukung upaya pemerintah dengan turut serta menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh tempat wisata yang ada.(ar/dra/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply