BPBD Lotim Masih Data Kerugian Banjir

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Timur hingga saat ini masih mendata kerugian akibat bencana banjir bandang yang terjadi di tiga desa di Lotim. Yakni di Desa Perigi Kecamatan Suela, Desa Labuhan Lombok dan Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya.

‘’Kami masih sedang melakukan pendataan terhadap kerugian akibar banjir bandang tersebut,’’ kata Kepala Bidang Kesiagaan dan Tanggap Darurat BPBD Lotim, M Takdir Ilahi saat dihubungi Lomboktoday.co.id, Rabu (02/3).

Untuk data sementara, wilayah yang paling parah kerusakannya akibat banjir di Desa Perigi, dengan jumlah rumah yang rusak sebanyak 11 Kepala Keluarga (KK) yang dimasuki lumpur. Selain itu, juga ada sekitar 2 hektare lahan pertanian warga yang terkena banjir dan lumpur, sehingga mengalami kerusakan.

Beruntungnya di Desa Seruni Mumbul dan Labuhan Lombok, tidak ada kerusakan, meski rumah warga banyak yang terendam. Namun sampai saat ini, kondisinya sudah normal kembali. Dan tidak ada lagi air masuk ke rumah warga. Tapi, pihaknya tetap meminta kepada warga untuk waspada atas berbagai kemungkinan yang terjadi.

‘’Di Perigi ada Sungai Jogang yang kembali jebol, sehingga kami tetap mengantisipasi agar tidak masuk air ke pemukiman penduduk. Sedangkan Labuhan Lombok dan Seruni Mumbul normal. Setelah semua data lengkap, baru akan terlihat jumlah kerugiannya,’’ ungkapnya.

Pihaknya juga mendapatkan laporan kalau di wilayah Lombok bagian Selatan, yakni di wilayah Kecamatan Jerowaru, ada SDN 1 Wakan yang terendam banjir, sehingga tim akan meluncur ke lokasi guna melihat situasi dan membantu menangani banji tersebut.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.