Pemilik Lahan Tutup Akses Masuk ke Lokasi Tambang Pasir Besi Ijobalit

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pemilik lahan menutup akses jalan masuk menuju lokasi tambang pasir besi di Ijobalit, Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur. Dimana, kegiatan tambang itu dilakukan PT Anugerah Mitra Graha (AMG) selaku perusahaan yang sudah memperoleh ijin untuk melakukan aktivitas tambang pasir besi di Pringgabaya dan Ijobalit, Labuhan Haji.

‘’Saya terpaksa menutup akses jalan masuk PT AMG menuju lokasi tambang pasir besi di Ijobalit,’’ kata pemilik lahan, Hj Maryam Athar kepada Lomboktoday.co.id, di Ijobalit, Lotim, Kamis (03/3).

Selama ini, kata Maryam, memang jalan yang digunakan PT AMG untuk menuju lokasi tambangnya adalah lahan miliknya yang berada di lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Ijobalit. Sementera lahan itu sendiri, saat ini masih sedang bersengketa antara dirinya dengan pihak Pemkab Lotim.

Diakui memang, selama lahannya digunakan sebagai akses jalan masuk, sudah diberikan sewa oleh pihak perusahaan tambang pasir besi itu. Tapi, dengan adanya kasus aksi anarkis yang dilakukan warga yang kontra atau menolak terhadap tambang pasir besi itu, membuat dirinya merasa khawatir sekali, bila nanti terjadi apa-apa. Sehingga memutuskan untuk menutup akses jalan masuk perusahan ke lokasi tambang pasir besi di Ijobalit tersebut.

‘’Ketimbang saya yang akan dimusuhi masyarakat, lebih baik saya tutup akses masuk perusahaan itu untuk mencari aman. Memang pasca kejadian itu, saya melihat belum ada aktivitas yang dilakukan PT AMG itu lagi,’’ ungkapnya.

Kenapa terjadi penolakan, Maryam menjelaskan, karena pihak perusahaan kurang melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, komitmennya kepada masyarakat tidak ada, sehingga ini yang menjadi masalah.

‘’Yang paling perlu adalah perbanyak sosialisasi kepada masyarakat, agar masyarakat itu bisa mengerti dan memahami,’’ ujarnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.