Siswa Kaya Masih Tetap Gratis Sekolah

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Siswa kaya sampai saat ini masih tetap memperoleh biaya sekolah gratis dari pemerintah. Itu seiring dengan adanya Biaya Operasional Sekolah (BOS) maupun bantuan lainnya yang langsung diterima oleh siswa kaya maupun miskin di sekolahnya masing-masing.

‘’Saya tidak menampik kalau siswa kaya juga masih mendapatkan fasilitas biaya sekolah gratis dari pemerintah,’’ kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Lotim, M Juhad kepada Lomboktoday.co.id, di kantor DPRD Lotim, Senin (07/3).

Juhad mengatakan, mestinya untuk menunjang rasa keadilan, tentu yang paling layak untuk memperoleh fasilitas gratis di sekolah adalah siswa yang miskin dan kurang mampu. Bukan malah disamaratakan antara yang kaya dengan miskin. Sehingga, ini yang menjadi permasalahan saat ini. Karena yang adil itu, siswa yang miskin gratis dan yang kaya harus membayar untuk membantu subsidi siswa yang miskin.

‘’Dengan dibahasnya Raperda masalah pendidikan ini, hendaknya nanti akan mengatur semuanya mengenai masalah pendidikan di Lotim. Ada kriteria-kriteria yang nantinya dalam Perda itu menentukan mana siswa yang gratis dan yang harus membayar,’’ ungkap mantan Kepala SMPN I Pringgabaya itu.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.