3.186 Foto Instagram Serbu Pesona Festival Kuliner Kemenpar

4 minutes reading
Wednesday, 16 Mar 2016 19:33 0 317 Editor

JAKARTA, Lomboktoday.co.id – Pantas saja Kementerian Pariwisata menggelar pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) tentang bagaimana teknik mengambil gambar sebuah makanan. Ternyata, makanan atau kuliner memang makin menggoda saat divisualkan dalam sebuah sebuah gambar. Itulah yang terjadi menjelang Festival Kuliner Nusantara yang akan dilaksanakan 14 hingga 16 April, mendatang di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Lomba Foto Pesona Kuliner Nusantara di Instagram. “Ya, nomor satu orang perhatian pada video atau gambar bergerak dengan suara. Kedua, orang suka foto atau gambar. Ketiga baru text, atau deskripsi melalui tulisan,” ungkap Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Karena itu, Menpar Arief Yahya selalu mengingatkan kepada timnya dalam berpromosi, nomor satu harus menyiapkan TVC atau film pendek. Baru kedua, gambar-gambar foto dengan resolusi tinggi. “Ketiga teks, tetapi yang terbaik adalah gabungan antara ketiganya. Di Medsos sendiri, ada beberapa karakter. Twiter kalimatnya pendek, maksimal 140 karakter. Instagram dan Pinterest menonjolkan foto dan gambar. Youtube video, dan Facebook kombinasi video, foto, teks,” ungkap Menpar yang paham media itu.

Respons dari lomba foto pesona kuliner itu sendiri cukup serius dan antusias. “Sangat bersemangat dan berkualitas foto bagus, sudah menembus 3.000 lebih foto,” tambah Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya, yang mengurusi acara ini.

Kata Raseno, teknik mengikuti lomba ini sangatlah mudah. Peserta hanya wajib mem-follow akun @festivalkulinernusantara di Instagram. “Dan peserta dapat meng-upload foto kuliner sebanyak-banyaknya memperkenalkan makanan dan minuman favorit di nusantara,” ujar Raseno.

Lebih lanjut Raseno mengatakan, setiap foto yang diunggah wajib diserrai hastage #pesonakulinernusantara2016 dan dimention ke @festivalkulinernusantara di Instagram. “Batas upload foto 31 Maret 2016,” ujarnya.

Sekadar informasi, wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) akan dibuat happy di Jakarta. Kemenpar akan mengadakan pesta makanan dan minuman di ibukota Indonesia itu. “Akan tersaji makanan khas dari seluruh Indonesia,” tambah Raseno.

Raseno menjelaskan, ada sebanyak 80 stand yang akan tampil menjamu para pengunjung yang hadir di Utara Jakarta itu. “Kami berkoordinasi dengan seluruh kepala dinas Pariwisata seluruh Indonesia, untuk datang dan membawa makanan khas atau kuliner paling top di setiap daerahnya,” ujarnya.

Setiap daerah, lanjut Raseno, akan membawa 3 sampai dengan 5 makanan unggulannya yang nikmat dan ciamik untuk disajikan. “Selain seluruh provinsi di Indonesia, kami juga mengundang pelaku-pelaku industri kuliner serta para pakar makanan. Ini akan membuat even itu lebih berkualitas,” katanya.

Untuk mengantar ke perhelatan tersebut, Kemenpar sudah berpromosi sejak saat ini.

Diprediksi, acara tersebut akan menyajikan ratusan bahkan ribuan jenis makanan dan minuman. Indonesia memang sangat kaya dengan apapun, salah satunya adalah keunggulan di bidang kuliner. Pariwisata memang tak pernah lepas dari yang namanya kuliner. Sehebat dan secantik apapun objek wisata, tanpa ada kreasi kulinernya, terasa hambar. Nah, Kementerian Pariwisata memberikan perhatian serius pada sektor kuliner sebagai bagian yang tak terpisahkan dari industri pariwisata.

“Wisata Kuliner itu terkait erat dengan life style. Memberi tambahan value pada kuliner, seperti bentuk, sajian, tampilan, warna, dan image yang membuat makanan menjadi lebih bergengsi, sama dengan menaikkan commercial value dari kulineritu. Jadi, style itu penting!,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Kuliner nusantara merupakan kebanggan warga Indonesia. Dimasing-masing daerah pasti memiliki ciri khas kuliner yang unik, menarik dan penuh cita rasa. Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya akan kuliner.

Tak hanya hasil alam yang melimpah, namun juga dari beragamnya suku sehingga menghasilkan macamkuliner yang menggugah selera para Wisatawan Mancanegara maupun nusantara. Contohnya saja Indonesia bagian barat. Banyak makanan yang terkenal seperti Seperti di Aceh, Ayam Tangkap dan Mie Aceh patut untuk dicicipi. Di Medan, Saksang, Pelleng, Arsik, atau Naniura. Jangan lupa juga untuk menjadikan Bika Ambon dan Bolu Meranti sebagai oleh-oleh.

Makanan khas seperti Nasi Lemak dan Belacan, juga tidak kalah terkenalnya. Sedangkan bila sedang berada di Sumatera Selatan, tentu sudah tahu bahwa Pempek dan Tekwan khas Palembang merupakankuliner yang sangat wajib dipilih untuk memanjakan lidah.

Untuk Indonesia bagian tengah, Kalimantan juga sangat oke. Di situ ada Lempok Durian khas Pontianak, selain itu Soto Banjar dariBanjarmasin, Chai Kue Pontianak, Bubur Pedas ala Kalimantan Barat, dari Kalimantan Selatan, ataupun Pisang Gapit yang banyak dijumpai di Balikpapan dan Samarinda. Mie Sagu, Gaguduh, dan Tempoyak juga luar biasa enaknya.

Sementara untuk Indonesia Timur, Sulawesi juga mampu membuat wisatawan terpukau dengan Coto Makassar, Sop Konro, dan Es Pisang Ijo atau Pallu Butung. Sementara Sulawesi Selatan ada menu ikan Cakalang, Tinutuan dan Bubur Manado dari Sulawesi Utara. Di daerah Maluku ada makanan Papeda. Jika sedang berwisata di Lombok pasti Wisatawan terpukau dengan Ayam Taliwang dan sambal Colo-colo. Selain itu, masih banyak lagi kekayaan lainnya.(ar/par/ltd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA