Ayo ke Lombok

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Seminar Wisata Halal Dunia, Kamis (17/3) di Hotel Lombok Raya, Mataram. Seminar yang diinisiasi Kompas ini bertemakan daya tarik Indonesia sebagai destinasi wisata halal dunia juga dalam rangka menyambut Festival Pesona Tambora 2016.

Seminar ini dipandu oleh wartawan senior Kompas Banu Astono. Sedangkan pembicaranya adalah ahli pariwisata halal dan praktisi pariwisata halal, seperti Riyanto Sofyan yang merupakan pemilik Hotel Sofyan Betawi, Penasihat Kehormatan Kemenpar RI Sapta Nirwandar, Akhmad Saufi dosen dan Peneliti Kepariwisataan Universitas Mataram, Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah, dan Rifda Amarina CEO PT Puteri Cahaya Kharisma.

Ada komitmen dari Redaktur Pelaksana Harian Kompas Mohammad Bakir. Kata dia, Kompas berkeinginan untuk memajukan pariwisata nusantara.
Lombok sendiri sudah mendapatkan dua penghargaan bertaraf internasional, yaitu World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination.

Gubernur NTB Dr TGH Zainul Majdi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata RI dan seluruh penggiat pariwisata di NTB yang telah berkontribusi bagi kemajuan pariwisata di NTB. Gubernur menginginkan Lombok-Sumbawa menjadi contoh pariwisata halal terbaik di Indonesia. Ia mengajak kepada seluruh pemerintah di kabupaten/kota, aparat keamanan, dan para pelaku wisata untuk bersinergi memajukan pariwisata.

Sedangkan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya yang menjadi Keynote Speaker pada seminar tersebut menyampaikan bahwa Kemenpar akan menjadikan NTB sebagai salah satu fokus pengembangan destinasi wisata halal unggulan. Hal ini sebagai upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai World’s Best Halal Tourism Destination.

Arief Yahya mengungkapkan bahwa pasar pariwisata halal sangat potensial untuk mewujudkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara dan 275 juta perjalanan wisatawan nusantara pada tahun 2019 nanti. Jadi, Ayo ke Lombok.(ar/dra/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply