Korem 162/WB Gelar Latihan Kesiapsiagaan Bencana

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Korem 162/WB menggelar kegiatan pembukaan latihan penganggulangan bencana alam di lapangan Malomba Ampenan, Kota Mataram, NTB, Sabtu (19/3).

Bertindak selaku pimpinan apel yaitu Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin. Kegiatan pembukaan latihan yang diikuti oleh 770 personel, terdiri dari 515 personel TNI dan 255 personel dari instansi sipil itu, selain memberikan arahan kepada panitia dan peserta dalam amanatnya, pimpinan apel beserta pejabat terkait juga mengecek kesiapan personel dan materiil yang akan digunakan dalam latihan nantinya.

Dalam kegiatan tersebut, Danrem 162/WB, Kolonel CZI Lalu Rudy Irham Srigede bertindak selaku Incident Command (IC). Kegiatan latihan yang nantinya akan dilaksanakan di daerah Sembalun itu, diharapkan dapat berjalan aman dan lancar.

Wilayah Sembalun dipilih mengingat wilayah tersebut berada di bawah kaki Gunung Rinjani, karena di wilayah tersebut sering terjadi bencana alam.

Sesuai konsep latihan yang dilaksanakan dengan bertemakan ‘Koops TNI Wilayah Kodam IX/Udayana Membantu Pemda Provinsi NTB Melaksanakan Penanggulangan Akibat Bencana Alam Gunung Api Meletus Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP)’.

Kegiatan latihan ini diharapkan dapat melatih kesiapan para anggota jajaran Korem 162/WB dalam menghadapi terjadinya bencana alam dan dapat memberikan pertolongan kepada masyarakat, khususnya saat terjadinya bencana alam. Apalagi kondisi geografis wilayah NTB, khususnya Lombok yang dikelilingi lautan, perbukitan dan memiliki Gunung berapi yang masih aktif seperti Gunung Barujari.

“Jadi, tidak menutup kemungkinan bencana alam bisa saja terjadi di wilayah kita. Untuk itu, kegiatan latihan ini sangat penting untuk dilaksanakan,” kata Danrem 162/WB, Kolonel CZI Lalu Rudy Irham Srigede.

Hadir dalam kegiatan pembukaan latihan tersebut; Komandan Kodiklat TNI, Danpuslat Kodiklat TNI, Dirlat Kodiklat TNI beserta Tim, Kapolda NTB, FKPD Provinsi NTB, Kepala Basarnas Provinsi NTB, Kepala BNPB Provinsi NTB, Danlanal Mataram, Danlanud Rembiga, Dandim 1606/Lobar, Dan/Ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB, serta Para Kasi Korem 162/WB.(ar/dra/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply