Siaga Bencana adalah Keharusan

 

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Belajar dari pengalaman dan pendapat para pakar, bencana adalah suatu proses yang tidak diketahui kapan mulainya dan kapan berakhirnya.

“Jadi kesiapsiagaan kita merupakan upaya terbaik dalam mengurangi korban jiwa ataupun kerugian materi akibat bencana,” ungkap Wakil Gubernur NTB H Muh Amin saat pelatihan penanggulangan bencana alam di wilayah Kodam IX/Udayana, Sabtu (19/3).

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, NTB merupakan salah satu daerah dari 15 provinsi di Indonesia yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi, baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun non alam.

Karena itulah, menurut Wagub, fakta tersebut memberikan konsekuensi bagi NTB untuk selalu siaga dalam setiap kondisi. Hal ini menjadi sangat penting, terlebih dengan terjadinya anomali cuaca yang sulit diprediksi saat ini.

Menurut Wagub, perhatian yang besar dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana menjadi hal utama yang harus dilakukan.

“Datangnya bencana alam memang tidak bisa diprediksi. Namun demikian, untuk mengantisipasi hal tersebut, kita harus berikhtiar dan tetap melakukan langkah-langkah strategis agar selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam yang tidak kita kehendaki,” tambahnya.(ar/ltd)

 

Kirim Komentar

Leave a Reply