Petani NTB Gigih-gigih

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi saat panen raya padi di Desa Gapok, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Senin (21/3).(foto:dok Humas NTB)

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mengendarai traktor saat panen raya padi di Desa Gapok, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Senin (21/3).(foto:dok Humas NTB)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Petani di wilayah NTB begitu gigih dan kuat dalam membangun pertumbuhan hasil pertanian daerah. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya hasil pertanian dari tahun ke tahun, bahkan dapat diserap secara nasional oleh Bulog.

“Ini adalah gambaran kecil bahwa kegigihan dan kesungguhan dari para petani sangat kuat. Tinggal bagaimana mendapatkan dukungan dari pemerintah,” ungkap Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi saat panen raya bersama Wakil Ketua dan Anggota Komisi IV DPR RI di Desa Gapok, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Senin (21/3).

Kegiatan yang digagas Plt Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid bersama petani tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerja Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khairan beserta anggota komisi, khusus untuk bidang pertanian. Hadir juga dalam kegiatan tersebut pimpinan SKPD terkait.

Gubernur menyampaikan dukungan penuh atas upaya dan aktivitas petani dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas pertanian yang dibutuhkan para petani.

“Insya Allah, tadi sudah disampaikan oleh DPR RI, dari Bulog, dari Kementerian Pertanian, pemerintah provinsi juga bersama pemerintah kabupaten siap melapis agar tidak ada yang ketinggalan,” ungkap orang nomor satu di NTB tersebut di hadapan para petani.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI M Herman Khairan menyampaikan perwujudan kedaulatan pangan tidak bisa dengan cara biasa, namun perlu upaya khusus dari berbagai pihak.

“Kita menyambut panen ini tentunya dengan rasa optimis bahwa ke depan pangan kita tetap daulat dan tetap mandiri,” ungkapnya.

Selain itu, Herman Khairan juga menyampaikan jika ada keluhan dan permasalahan yang dialami semua pihak, termasuk petani untuk sesegara mungkin disampaikan, terutama kepada Komisi IV DPR RI.

Plt Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid mengatakan bahwa panen raya tersebut merupakan realisasi tanam tahun 2016 dengan jumlah luas lokasi tanam sekitar 20 hektare dan hasilnya delapan ton.

“Kami mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat sehingga apa yang menjadi cita-cita kita yaitu swasembada pangan nasional dapat terwujud,” jelasnya.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply